Mahasiswa KKN UIN IB Padang, hidupkan kembali rumah Ibadah

Untuk menghidupkan kembali rumah ibadah yang sudah tidak dihuni Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang (UIN IB Padang) kenagarian sialang, kecamatan kapur IX kabupaten 50 kota mengadakan program kerja baliak kasurau. Program kerja baliak kasurau ini telah berlansung selama kurang lebih 14 hari. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada program baliak kasurau ini adalah membersihkan perkarangan surau/mushola, sholat 5 waktu dan mengaji setelah magrib.


Yendri selaku mahasiswa KKN sekaligus ketua KKN nagarisi Sialang mengatakan,kegiatan baliak kasurau ini pada dasarnya dituju pada masyarakat agar kembali menghidupkan rumah ibadah,karena beberapa tempat dinagari sialang surau hanya aktif diwaktu bulan ramadhan saja,ujarnya.


“Hadirnya Mahasiswa KKN disini agar dapat menghidupkan kembali surau yang tidak dihuni,dan menumbuhkan semangat masyarakat untuk sholat berjamaah, tadarus, tambahnya”.
Yendri berharap,agar masyarakat antusias, ikut serta dan kembali ke surau meramaikan surau,baik selama KKN maupun setelah KKN selesai surau tetap hidup.


Senada dengan yendri, yusuf selaku mahasiswa KKN juga mengatakan,jamah dari surau tersebut adalah mahasiswa KKN dan juga beberapa warga nagari sialang.


“meskipun warga yang ikut serta sholat berjamaah hanya sedikit, tapi setiap harinya selalu ada warga yang ikut sholat berjamaah, ucapnya”.


Yusuf juga menuturkan stategi dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat adalah dimulai dari mahasiswa KKN dengan merutinkan sholat berjamaah dan tadarus bersama setelah magrib akan memicu dan menumbuhkan semangat masyarakat untuk baliak ka surau,tuturnya”.


Selaku jamaah sekaligus warga kenagarian sialang,warna esram mengatakan, kegiatan baliak ka surau yang diadakan mahasiswa sangat bagus untuk memajukan anak-anak nagari sialang menjadi hafiz quran.


“Sebenarnya Surau di nagari sialang dulu diisi oleh anak-anak MDA tapi setelah gurunya berhenti anak-anak pindah ke surau melayu, tambahnya”.


Warna esram berharap semoga surua di nagari sialang ini tetap hidup dan ramai ada atau tidak ada mahasiwa KKN, dan remaja-remaja mengadakan wirid sekali seminggu.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *