Bedah Buku Muhammad Sang Inspirator Dunia

PADANG (DKTV)

Buku Muhammad Sang Inspirator Dunia adalah sebuah buku yang menjelaskan tentang kisah dan sejarah seseorang yang memberikan perubahan yang sangat besar di dunia.

Hal ini daisampaikan langsung oleh Dr, Urwahtul Wusqha, LC.MA seorang dosen di UIN IB Padang dan juga pembedah buku dalam kegiatan National Book Fair yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kehoranian Studi Islam (KSI) Ulul Al-Bab UIN IB Padang, Jumat (21/10).

Pada kegiatan National Book Fair ini buku yang dibahas adalah buku “Muhammad Sang Inspirator Dunia” karya Dr. Aidh Al- Qorni. Buku ini ditulis bukan seperti buku biasa yang di tulis oleh para ahli lainya, yang menarik dari buku ini adalah cara penyajian nya.

Menanggapi hal itu Urwahtul Wusqha menjelaskan bahwa Isi dari kitab yang dibahas ini adalah kajian-kajian tentang sirah Nabi yang agung dengan cara pemaparan yang baru , ke kentalan riwayat hadistnya dengan mengutamakan yang sahih. Pemaparan dengan susunan riwayat yang sesuai dan terstruktur, pengelompokan hadist sesuai tema dan tujuan utamanya adalah qudwah dalam diri Nabi, sirah dilihat dari sisi Nabi sebagai manusia dengan berbagai peran.

Dalam penjelasan ini Urwahtul Wusqha memberikan, contoh kisah Nabi yang perlu dibaca yaitu kisah seorang pemuda yang minta izin berzina kepada rasul, lalu Rasul menjawab apakah kamu punya ibu apakah kamu punya adik dan apakah kamu mau mereka diperlakukan seperti itu juga maka pemuda tersebut tidak mau dan sadar bahwa itu dilarang , lalu nabi mendoakan pemuda tersebut agar bisa menjaga kehormatannya.

Kitap ini diperuntukkan untuk orang yang meneladani Nabi dalam kehidupan, untuk pendidik yang akan mendidik orang lain dengan nilai mulia, untuk peneliti yang akan mengembangkan penelitian, untuk muballig yang mencari bahan tablignya, untuk pemuda yang ingin mencari figur utama yang akan dijadikan teladan, untuk pembaca kisah dan cerita.

“Jika ada tema tema nanti yang membahas Rasulullah maka cari lah di buku ini karna, dibuku ini dikelompokkan hadis hadis berdasarkan temanya,” ungkap Urwahtul Wusqha.

Permasalahan yang sering terjadi adalah banyaknya mahasiswa yang kurang membaca buku, hal ini terungkap ketika tanya jawab bersama mahasiswa.

Mengenai permasalahan itu Urwahtul Wusqha mengatakan bahwa Niat adalah hal yang penting dalam menuntut ilmu selain niat adab juga sangat diperlukan.

“Contohnya ketika ada seseorang yang menerima ilmu dia tidak hanya menerimanya saja tapi dia akan mencari tau tentang ilmu itu dengan banyak bertanya terhadap ilmu yang dia terima , dan bertanya dengan tidak menjatuh kan atau dengan adab yang baik” jelasnya.

Buku Muhammad Sang Inspirator Dunia ini menyampaikan tentang kehidupan nabi Muhammad SAW sebagai seorang nabi dan semua sisi kehidupan, buku ini layak untuk dibaca dan layak digunakan untuk penelitian.

Dalam bedah buku ini Urwahtul Wusqha banyak memberikan motivasi motivasi kepada mahasiswa yang hadir salah satunya adalah Belajarlah untuk berbicara yang bisa membuat orang termotivasi jangan sampai kata- kata kita menjatuhkan orang lain sesuai dengan yang telah dicontohkan Nabi dulu.

“minat baca mahasiswa itu tinggi jangan sampai buku buku bagus tidak kita baca kalau kita tidak bisa memiliki karna keterbatasan dana mungkin wajar tapi kalau kita tidak baca berarti minat kita yang kurang,” tutupnya. (Bar)

Wartawan: Akbar Nasution, Amir Khan, Habib

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *