Persiapkan dan Merancang Karir Setelah Lulus Kuliah

PADANG (DKTV)

Mempersiapkan mahasiswa untuk dapat merencanakan karir sejak dari bangku kuliah. Sehingga dalam pengembangan karir nanti, para mahasiswa tau ketika tamat akan menjadi apa. Minimal sudah ada gambaran setelah lulus dari UIN nantinya.

Demikian dikatakan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Islam Andri Ashadi dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Psychology Career Training yang dilaksanakan di Aula lantai dua FUSA.

Andri Ashadi mennyampaikan, bahwa, kegiatan ini merupakan program yang direncanakan oleh Fakultas dan tahun ini di mulai dengan prodi psikologi islam.

“Di luar karir yang akan ananda jalani nantinya, tentu kami dari pihak pimpinan berharap dengan diadakannya kegiatan ini Mahasiswa dapat mencermati peluang-peluang karir Sebagai gambaran,” harap Andri Ashadi.

Sementara itu, Kepala Prodi (Kaprodi) Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) Reza Fahmi mengatakan, pihak Prodi
berencana untuk kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Karena pada hakikatnya, Prodi Psikologi sendiri terikat pada konteks ikatan profesi dan otomatis Kita harus, mengadakan kerjasama dengan asosiasi profesi salah satunya adalah Asosiasi Psikologi Industry Organisation (APIO) Sumbar,” Ujar Reza Fahmi.

Sehingga dalam pengembangan karir nanti para mahasiswa tau ketika tamat akan menjadi apa, juga meminimalisir salah jurusan dan merancang karir yang akan di jalani setelah lulus kuliah.

Reza Fahmi berharap kedepannya mempunyai rancangan kegiatan, yang akan melibatkan kerjasama dengan asosiasi profesi lainnya.

Salah seorang peserta, Arum Inayah Putri mengatakan, setelah mengikuti kegiatan ini menambah wawasan baru dan semakin terbuka menganai lapangan pekerjaan untuk lulusan psikologi.

Lanjutnya, awalnya yang belum tau dan ragu akan peluang pekerjaan seorang Sarjana psikologi, jadi semakin paham dan yakin bahwa. Sebenarnya lapangan pekerjaan untuk jurusan psikologi ternyata luas dan memiliki peluang yang tinggi di masa depan.

“Saya jadi semakin semangat dan yakin untuk menjalani bidang psikologi lebih dalam lagi dan jadi lebih tahu, langkah atau tahapan apa yang seharusnya diambil kedepannya nanti, tutur peserta Psychology Career Training.

Arum Inayah berharap, semoga pelatihan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan “karena dengan adanya pelatihan ini mahasiswa yang ragu dan tidak tau harus berbuat apa mereka jadi lebih tau lagi langkah apa yang harus mereka ambil kedepannya,” harapnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari dengan berbagai Narasumber yang ahli dibidangnya. Seperti Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan dan Psikologi Industry Organisasi, Juga mendatangkan para alumni UIN IB khususnya di Prodi Psikologi Islam yang sudah memiliki pengalaman bekerja dalam beberapa bidang Psikologi. (Bib)

Wartawan: Rahimatul Hafizah (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *