PKM-U 2023, FUSA Memiliki Tantangan Besar Bukan Hanya Meraih Kemenangan Tapi Juga Mempertahankan Piala Bergilir

PADANG (DKTV)

Juara umum Pekan Kreativitas Mahasiswa Universitas (PKM-U) 2022, Fakultas Ushuluddin dan Agama Studi (FUSA) memiliki beban lebih berat di PKM 2023. Pasalnya tidak hanya sekedar meraih juara, tapi juga harus mempertahankan piala bergilir.

Disamping itu, persiapan FUSA Untuk memilih dan mengutus kontingen PKM-U 2023 juga memiliki beberapa kendala, seperti tidak terlaksananya dalam melaksanakan PKM-Fakultas.

“Dari FUSA kemarin ada kepindahan Fakultas ke kampus III, makan waktu jadi transisi ini banyak dari kampus dua, sehingga kami memang tidak siap melakukan PKM tingkat Fakultas,” ujar Dekan FUSA Andri Ashadi.

Dekan FUSA Andri Ashadi juga menyampaikan, dalam pemilihan kontingen PKM-U 2023 sebagian diambil dari perwakilan yang juara di PKM tahun lalu dan diseleksi melalui google form.

“Jadi mereka mencantumkan apa lomba yang pernah diikuti, dapat juara berapa, sertifikat atau bukti lainya, jadi kita seleksi dengan itu saja kemarin,” sambung Andri Ashadi.

Untuk Kontingen FUSA yang diutus untuk PKM-U 2023 berjumlah sekitar 20 mahasiswa di berbagai Cabang, baik perlombaan olahraga dan seni.

Meskipun begitu, FUSA tetap optimis dan siap mempertahankan gelar juara umum piala bergilir “Tadi kami juga udah semarakkan yel-yel bahwa FUSA harus tetap mempertahankan gelar tersebut,” tuturnya.

Andri Ashadi berharap, khusus untuk FUSA agar bisa mempertahankan PKM pada tingkat universitas, maka tentu diharapkan juga yang akan menjadi wakil UIN ke tingkat nasional, baik itu Pesona atau PKM regional Sumatera yang akan diadakan di Jambi nanti.

Sementara itu kontingen cabang seni Kaligrafi FUSA Nofrizal Afandi mengatakan, perisapan dalam mengikuti PKM-U 2023,
sudah melakukan latihan jauh hari sebelum diadakan PKM tingkat Universitas.

“Kami dari seluruh mahasiswa yang ikut di UKM kaligrafi dan yang tersebar di seluruh fakultas sudah kami persiapkan bersama sebelum acara ini, bukan hanya mempersiapkan diri sendiri untuk lomba akan tetapi bersama-sama melakukan pelatihan, demi terlaksananya acara PKM Universitas dan sekalian mengkaderisasi,” ungkap Nofrizal.

Seleksi dalam pemilihan kontingen bidang seni Kaligrafi di PKM-U 2023 melalui seleksi antar mahasiswa fakultas Ushuluddin dan kendala untuk PKM-U 2023 masih minimnya persiapan dari pihak kampus.

Nofrizal berharap, di PKM-U 2023 bisa mendapatkan prestasi “sesuai dengan tema PKM sekara berprestasi untuk prestise,”harapnya. (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika, Irvan Mufadhdhal (Mg), Maurizka Hidayan (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *