Pawai 1.000 Obor Meriahkan Pergantian Tahun Baru Islam di Kota Solok

Solok (DKTV)

Tahun baru Islam merupakan hari yang penting bagi kaum muslimin dengan ditandai sejarah Islam dalam memperingati hijrahnya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Oleh karena itu, tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi Kalender Hijriah.

Obor yang melambangkan cahaya menerangi seluruh alam dan menjadi petunjuk bagi manusia dalam mengejar ridho dan Rahmat Allah Subhannallahu wa Ta’alla.

Tradisi Pawai obor sering dilakukan oleh masyarakat muslim khususnya Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan ataupun Muharram sebagai sarana syiar khazanah.

Sama halnya yang dilaksanakan oleh masyarakat Kota Solok dalam memeriahkan tahun baru islam melaksanakan pawai obor yang diselenggarakan pada awal pekan kemarin.

Pawai arakan dimulai pada jam pukul 20.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.30 WIB. Dengan menggelar pawai 1.000 obor pada Selasa 18/07/2023.

Dilansir juga laman Minangkabaunews.com menurut Wakil Walikota Solok , pawai obor digelar merupakan bentuk semangat umat muslim dalam menyambut tahun baru Islam

Dilansir dari laman InfoPublikSolok ketua pelaksana kegiatan pawai 1.000 obor Kota Solok, Bagus Hidayat mengungkapkan kemeriahan dalam peringatan tahun baru Islam ini diikuti ribuan masyarakat Kota Solok yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, Peserta Jambore Pemuda Islam, serta berbagai komunitas kepemudaan lainya di Kota Solok.

Lanjutnya, panitia menyediakan sebanyak 1.500 obor untuk dibawa berkeliling kota. Dengan berjalannya kegiatan ini Pemerintah Kota Solok yang telah mendukung penuh kegiatan pawai 1000 obor.

Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE. MM langsung membuka Perayaan pawai 1000 obor di dalam sambutannya terimakasih kepada ikatan pemuda islam yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Mudah mudahan pemuda pemudi islam yang hadir pada malam ini menjadi generasi terbaik yang dapat memegang teguh nilai agama dan menyiarkan islam ditengah masyarakat.” Imbuhnya Wakil Walikota dikutip dari InfoPublikSolok.

Wartawan : Sirajal Munira

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *