PKM Fakultas Adab Langkah Awal Menuju Pesona

Padang (DKTV)

Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang telah melaksanakan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Fakultas.
Kegiatan ini merupakan bentuk persiapan Fakultas Adab dalam bertanding di PKM Universitas mendatang.

Wakil Dekan (WD) III FAH Danil Chaniago menargetkan PKM Fakultas guna melahirkan mahasiswa yang benar-benar dapat bertanding di kampus maupun nasional.

Danil Chaniago juga mengklaim bahwasanya PKM Fakultas adalah cara yang tepat dalam merekrut dan menyeleksi mahasiswa Adab dalam bertanding di PKM-U sampai Pesona.

“PKM ini memang cara kita merekrut, dengan cara menyeleksi mahasiswa Fakultas Adab untuk bisa ikut dalam kegiatan PKM di tingkat Universitas,” ucapnya dihadapan wartawan DKTV.

Lanjutnya, bagi yang mendapatkan kejuaraan dari setiap cabang akan mewakili nama Fakultas Adab ditingkat Universitas. Setelah itu, kalau berhasil meraih juara ditingkat Universitas. Nantinya, akan bisa ikut ditingkat Nasional pada acara Pesona.

“Jadi siapa yang juara nanti ditingkat Fakultas ini mereka akan mewakili Fakultas Adab ditingkat Universitas dan mudah-mudahan nanti ditingkat Universitas bisa ikut ditingkat Nasional di acara persona yang akan dilaksanakan pada tahun ini,” sambungnya.

Hanya saja, dari 14 cabang terdapat beberapa cabang yang tidak bisa dilaksanakan dikarenakan kurangnya peminat. Akan tetapi, acara PKM dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Ya alhamdulilah sejauh ini saya belum merasakan ada atau tidaknya kendala, mungkin mahasiswanya yang lebih tau, karena ini seluruhnya dikelola oleh mahasiswa. Saya cuma mengawasi dari jauh saja, kalau ada masalah mereka akan datang kesaya,” ucapnya dihadapan wartawan DKTV

Terlebih lagi, mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM sudah diberikan surat izin untuk tidak ikut kuliah karena mengikuti acara. Walaupun terdapat beberapa mahasiswa yang lebih memilih masuk kuliah daripada mengikuti lomba PKM.

Danil Chaniago berharap, semoga mahasiswa Adab bisa menjadi utusan atau perwakilan UIN untuk lomba tingkat nasional, seperti acara pesona dan yanv menjadi poin penting adalah cabang kaligrafi, catur dan sebagainya.

Senada dengan itu, Muhammad Raihan Haikal selaku ketua panitia mengatakan, PKM Fakultas ini merupakan sebuah program dari Fakultas untuk memancing bakat dari mahasiswa FAH, “karena kalau bakat itu tidak dipancing itu susah, dia tidak akan berkembang.”

PKM FAH ini merupakan ajang mencari bakat mahasiswa FAH untuk bisa ikut berlomba dengan perguruan tinggi lainnya, ucapnya.

Lanjutnya, PKM ini akan dilaksanakan selama tiga hari dengan 14 cabang yang akan diadakan, seperti catur, tenis meja, badminton, MTQ, MHQ, pildama, debat bahasa Arab, debat bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

“PKM ini dilaksanakan diawal semester genap bukan tanpa alasan, karena kalau misalkan diundur lagi akan mepet dengan PKM Universitas atau jika dipercepat seperti tahun kemarin, itu mahasiswa sedang sibuk-sibuknya untuk pergantian kepengurusan atau segala macamnya,” tuturnya.

Raihan berharap, PKM Fakultas ini bisa dijadikan sebagai acuan tolak ukur diri, jika kalah maka perbaiki upgrade diri dan jika menang tidak cepat merasa puas.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *