Wujudkan Generasi Muda yang Literat, Kreatif, dan Terampil Melalui KTI

Padang (DKTV)

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), adakan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah (KTI), yang bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang literat, kreatif, dan terampil dalam karya tulis ilmiah yang berkualitas, Minggu (23/06).

Ketua Umum HMP-PAI Ilham Akbar Maulana menyampaikan, kegiatan Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah (KTI) berlangsung selama satu hari pada hari Minggu, 23 Juni 2024. Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan program dari bidang Informasi dan komunikasi (Infokom) sebagai tempat untuk menciptakan generasi ataupun mahasiswa yang melek dengan karya tulis ilmiah diintegrasikan dengan teknologi.

Akbar menyampaikan, tujuan diadakannya seminar KTI ini untuk mewujudkan mewujudkan generasi muda yang literat, kreatif dan terampil dalam karya tulis ilmiah yang berkualitas. Ditambahkan, Seminar KTI diadakan setiap tahunnya, Perbedaan dengan tahun lalu adalah, tahun kemarin itu difokuskan pada teknologi, masa sekarang kita coba integrasikan urgensi dari teknologi dan karya tulis ilmiah nya.

Kegiatan ini tentu perlu kita angkatkan berdasarkan apa kendala yang dirasakan oleh kawan” terutama BP 23 yang mungkin ada masih ragu dalam menulis karya ilmiah seperti makalah, lalu juga ada yang mengeluhkan dalam mencari referensi, mengutip dan lain sebagainya. Maka dari itu. kita melalui bidang Infokom dan kepanitiaan mengharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu sedikit banyaknya dari kesulitan yang terjadi, ujar Akbar pada saat wawancara.

Adapun yang menjadi Pemateri pada kegiatan ini merupakan penulis buku dan jurnal, beliau juga seorang Kepala departemen IAI dan KAPRODI PAI UNP, dan moderatornya Fahmi Arrahman seorang selebgram dan pembicara juga berasal dari UNP juga, iyaa tentu berbeda kesannya pemateri kali ini dari UNP.

Akbar berharap, dengan adanya kegiatan ini tentu bisa sesuai dengan tujuan kita tadi, membantu dan juga mewujudkan mahasiswa dan generasi yang literat dengan adanya kegiatan seminar karya tulis ilmiah ini.

Ketua Panitia Fathurrahman menyampaikan, Seminar ini diadakan dengan tujuan Mewujudkan dan melatih keterampilan generasi muda (Mahasiswa) agar cakap dalam
menulis karya tulis ilmiah dan hal editing, desain grafis sehingga dapat kreatif dan berinovasi
dalam menghadapi tatanan masyarakat dan perubahan zaman.

Adapun jumlah peserta 132 orang dan jumlah panitia 32 orang beserta SC. Namun, peserta sedikit minat untuk datang tetapi dibilang sikit tidak juga sikit jumlah peserta saja 132 tetapi emang niat peserta itu sendiri yang kurang kuat. Dan juga mungkin ada beberapa kelalaian dalam kami pihak panitia dalam mengajak peserta.

Fathur mengatakan, seminar ini berkelanjutan setiap tahunnya, kami juga sudah lama mempersiapkan seminar ini yang Alhamdulillah kami dari pihak panitia telah melakukan persiapan yg matang kami telah melakukan 7 x rapat sebelum acara dimulai memang sempat banyak terkendala tetapi Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Ditambahkan kendala tentu dari panitia mempunyai banyak kendala dalam acara ini terutama yang sangat berkendala saat mencari peserta. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu dengan kerja keras dan gigihnya panitia dalam bekerja peserta pun dapat bahkan lebih dari yang dibuat di proposal.

Fathur berharap, semoga acara dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa terutama di bidang ilmiah. Ketika tadi mendengarkan pemateri sungguh sangat banyak sekali ilmu menulis yang didapat. Semoga dengan acara ini dapat menimbulkan motivasi mahasiswa dalam menumbuh kembangkan bakat-bakat menulis.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *