Dibalik Logo HUT RI ke-79

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79, Pemerintah RI sudah merilis logo dan tema yang bertajuk “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Hal ini diumumkan oleh Kementrian Sekretaris Negara (Kemensetneg), Pratikno, pada 2 juli 2024 lalu.

“Mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-79 Kemerdekaan Rl Tahun 2024 ke dalam berbagai bentuk media, antara lain desain/tampilan situs/media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk/suvenir, media publikasi cetak, elektronik, dan lain-lain, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing,” catatan dari Surat Edaran Menteri Sekretariat Negara Nomor B-04/M/S/TU.00.03/07/2024.

Mengutip dari detik.com tema ialah “Nusantara Baru Indonesia Maju yang menunjukkan Indonesia dalam menghadapi momen transisi yang besar. Sebagai perubahan penting dalam perjalanan bangsa. Tahun ini disebut sebagai titik awal bagi beberapa transisi besar, termasuk perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan, pergantian kepemimpinan, serta persiapan menuju visi Indonesia Emas 2045.

Dalam perayaan HUT ke-79 RI Indonesia akan mempunyai tantangan dari tiga transisi besar: pergeseran ibu kota ke Kalimantan, perubahan kepemimpinan, dan persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, tema mencerminkan harapan dan langkah strategis bangsa untuk menghadapinya dengan tekad dan persatuan.

Sedangkan, logo yang terdiri dari warna merah dan putih serta membentuk angka HUT RI ke-79 tahun ini. Tidak hanya itu, bahkan logo juga mempunyai filosofi leluhur. Hal ini dirangkum berdasarkan Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Logo tersebut terdiri dari warna merah dan putih serta membentuk angka HUT RI ke-79 tahun ini. Konsep visual logo dibagi menjadi tujuh poin yaitu, negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan.

Mengutip dari kominfo.jatim.prov. tujuh poin filosofi logo HUT RI ke-79 sebagai berikut:

  1. Angka berbentuk 79 dari beberapa bagian yang mempunyai makna satu kesatuan dan berkaitan, menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan.
  2. Lambang negara angka 7 yang menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisikan pilar kebangsaan yaitu, Pancasila dan melambangkan kekuatan negara.
  3. Pertumbuhan ekonomi dari angka tujuh yang menyerupai panah ke kanan atas. Sebagai simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor dalam memenuhi misi indonesia dalam menggerakkan ekonomi.
  4. Keberlanjutan, bentuk lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain. Dengan menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.
  5. Ekonomi hijau dari bentuk dahan dan daun dari angka 9 sebagai prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.
  6. Persatuan dan harapan dari kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia. Walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.
  7. Kesertaan, dua gelombang dengan arah yang sama di atas dan di bawah merepresentasikan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Wartawan : Shofia Mutiarani dan Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *