Antusiasme dan Tantangan Gladi Resik PBAK Kampus II

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menyelenggarakan gladi resik untuk Pengenalan Budaya Kampus dan Akademik (PBAK) bagi Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2024 di Kampus II Lubuk Lintah (16/08). Acara ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa baru agar lebih siap menghadapi rangkaian kegiatan PBAK, yang akan berlangsung dari empat hari mendatang.

Panitia Inti Bidang Perlengkapan, Sarana, dan Prasarana, M. Zikri Ramadhan menjelaskan bahwasanya gladi resik ini diadakan untuk memastikan para Maba mengetahui barang apa saja yang perlu dipersiapkan dan memahami alur kegiatan yang akan diikuti selama pelaksanaan PBAK. 

Kegiatan gladi resik dimulai sejak pukul 06.30 WIB dan berlangsung hingga selesai. Meskipun berjalan dengan baik. Zikri mengakui adanya beberapa kendala, salah satunya adalah kesulitan dalam mengatur tempat duduk untuk para Maba yang jumlahnya cukup banyak. 

“Agak sulit mengatur tempat duduk karena jumlah mahasiswa baru yang sangat banyak,” ucap Zikri.

Untuk mengatasi kendala tersebut. Panitia berusaha memaksimalkan kinerja di lapangan dan terus berkoordinasi dengan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bertugas selama kegiatan PBAK.

 Zikri berharap,Dengan gladi resik ini,  para Maba dapat lebih matang dalam persiapan mereka. Sehingga PBAK 2024 dapat berjalan lancar dan sukses. 

Di sisi lain, ada juga beberapa Maba yang mengeluhkan kesulitan dalam mendapatkan informasi dari panitia.

Salah satu Pandeka Aisyah Hijrina merasa informasi yang dibagikan melalui grup chat sering tertimbun oleh pertanyaan-pertanyaan dari Maba lainnya, sehingga sulit untuk dibaca.

“Kendala sulit dalam memperoleh informasi, karena banyak juga yang bertanya jadi pertanyaannya tidak terbaca oleh panitia,” ujar Aisyah

Meskipun demikian, para Pandeka  menunjukkan antusiasme mereka terhadap kegiatan ini. Sevila Julia Gusra, yang merupakan seorang mahasiswa baru dari program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), menyatakan kegembiraannya atas berlangsungnya gladi resik ini.

“Kegiatan hari ini sangat seru dan meriah, kami sangat antusias untuk mengikutinya,” ungkap Sevila.

Meskipun demikian, baik Sevila maupun Aisyah berharap, dengan adanya gladi resik ini, pelaksanaan PBAK akan berjalan lebih maksimal dan semua mahasiswa baru dapat mengikuti kegiatan sesuai aturan yang telah ditetapkan. (Mee)

Wartawan: Pajri Husnul Hotima dan Yasyifa Sayyida

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *