Rangkaian Acara PBAK Hari Pertama

Padang (DKTV)

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang resmi membuka rangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2024. Acara ini berlangsung di dua gedung yaitu Gedung J dan Gedung Auditorium Muhammad Yunus, dihadiri oleh pandeka yang berjumlah 1.954 mahasiswa di Gedung J dan 1.001 mahasiswa di Gedung Auditorium Muhammad Yunus.

Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Khairul Nizam Parapat, disusul dengan doa yang dipimpin oleh Naufal Ahmad Madani. Selanjutnya lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UIN Imam Bonjol turut dikumandangkan oleh Paduan Suara Mahasiswa.

Selanjutnya, diberikan sesi pada Ketua Panitia PBAK 2024, Dr. Subhan Ajrin, M.A, untuk memberikan laporan terkait kegiatan PBAK tahun 2024, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Rektor UIN Imam Bonjol, Prof. Martin Kustati, M.Pd.

Selain pengukuhan, tanda peserta PBAK juga dipasang oleh Rektor secara simbolis kepada beberapa perwakilan pandeka, setelahnya para pandeka mendapatkan waktu istirahat selama 15 menit dengan pembagin snack oleh panitia.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan arah kebijakan akademik, administrasi, dan kemahasiswaan yang disampaikan oleh Rektor dan Wakil Rektor.

Diskusi ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai kebijakan kampus dan layanan yang tersedia untuk menunjang aktivitas akademik mahasiswa.

Pada materi selanjutnya peluang dan tantangan kuliah di luar negeri oleh Dr. Suryadi, M.A, dilanjutkan dengan penyampaian wawasan kebangsaan oleh Bridgen Pol. Riki Yanuarfi, yang merupakan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumbar, serta materi lanjutan mengenai Pengenalan Unit Layanan Psikologi oleh Tim ULP

Pada jam 12.15 – 13.30 WIB Pandeka diberi waktu untuk istirahat dan menunaikan ibadah Dzuhur. Kemudian, dilanjutkan dengan materi selanjutnya tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus. Oleh Ketua Satgas PPKS, M. Teguh Brillian, M. T. I, dan Moderasi Beragama oleh Dr. Zelfeni Wimra, M. A, di Gedung Auditorium Muhammad Yunus.

PBAK UIN Imam Bonjol Padang 2024 di hari pertama ini ditutup dengan sesi pengenalan Perpustakaan UIN Imam Bonjol, serta edukasi kesehatan membahas pencegahan HIV dan AIDS yang diharapkan dapat memberi edukasi pada mahasiswa terkait hal ini.

Wartawan: Pricilia Mutiarani

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *