Tingkatkan Wirausaha, Open Recrutmen Kopma Sudah Dibuka

Padang (DKTV)

Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang sudah membuka pendaftaran anggota baru tahun 2024. Pendaftaran kali ini, menargetkan 100 mahasiswa yang pendaftar berasal dari angkatan 2023, 2024, dan 2022.

Namun terkhusus pendaftar angkatan 2022 diberikan ketentuan khusus. Penanggung Jawab Open Rekrutmen (OR) Fadlinur divisi PSDA angkat bicara mengenai hal ini.

Pendaftaran terbuka bagi angkatan 2022. Hal ini menjadi proses sulit bagi pendaftar untuk menjadi pengurus.

Kopma menerapkan keseriusan dari tahapan yang di berikan baik dari waktu yang cukup lama. Bermulai dari menjadi staf hingga menjadi pengurus.

“Kami khawatir jika mahasiswa angkatan 2022 langsung menjadi pengurus, mereka akan kesulitan membagi fokus, terutama karena semesternya yang sudah tinggi,” ungkap Fadlinur saat di wawancarai oleh Wartawan DKTV.

Penerapan ini sama halnya dengan UKM lain. Kopma memberikan open recrutmen secara hybrid, yaitu offline dan online. Hal ini bertujuan agar para pendaftaran tidak mengalami kesusahan.

Secara offline, dengan mendatangi stand yang disediakan oleh panitia ataupun melalui link pendaftaran online (klik) yang sudah di sebar di grup WhatsApp masing-masing fakultas.

Terdapat tiga tahapan seleksi UKM Kopma:

1. Tertulis (12 September)
2. Wawancara (14-15 September)
3. Hasil akhir seleksi (17 September)

Berbagai bidang yang di tawarkan oleh Kopma sebagai berikut:

– PSDA
– Keuangan
– Usaha
– Administrasi Umum (ADUM)
– Komunikasi dan Informasi
– Humas dan Kerja sama

Nantinya, setiap bidangnya mendapatkan kesempatan kepada anggota dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang relevan dengan minat dan bakat bagi pendapat.

Sebagai bagian dari upaya menarik minat mahasiswa. Kopma juga menginformasikan sejumlah manfaat yang bisa diperoleh oleh anggota baru.

Termasuk pengembangan kepemimpinan, peningkatan ilmu dan pengetahuan. Serta kesempatan mendapatkan bagian dari Sisa Hasil Usaha (SHU), relasi yang luas dan pelatihan wirausaha yang mendukung karir masa depan.

Fadlinur berharap, semoga anggota yang bergabung dapat menekuni dan serius bidang kepada yang di pilih.

“Dengan menekuni suatu ilmu, kita tidak hanya mendapatkan ilmu kampus, tapi juga ilmu yang berguna untuk karir masa depan,” ucapnya kepada Wartawan.

Selain itu, semoga Kopma UIN Imam Bonjol Padang dapat terus berkontribusi dalam mengembangkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa. Kemudian menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan siap terjun ke dunia kerja di masa depan.

Wartawan: Pricilia Mutiarani

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *