Perdana Empat Mahasiswa KPI Melaksanakan PL di Tribun 

Padang, DKTV  Empat mahasiswa UIN IB Padang jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) perdana melaksanakan Praktek Lapangan (PL) di salah satu media nasional yang berada di Sumatera Barat, Tribun Padang. Mengawali proses PL tersebut dengan penghantaran oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Penghantaran di sambut hangat dan antusias di wakili oleh tim redaksi, Jumat (20/09) pagi.

“Kedatangan mahasiswa magang tentunya bukan hal yang asing lagi bagi kami, namun dari kampus UIN IB Padang sendiri baru pertama kali menjalin hubungan kerja sama untuk pelaksanaan mahasiswa magang bersama Tribun, namun perlu diketahui juga sudah banyak alumni- alumni UIN Padang yang berkecimpung dan mengambil pengalaman nya di Tribun ini,” ujar manager konten kreator Tribun Padang, Afrizal.

Klik Follow Akun Instagram Kaba Kampus

Lanjutnya, sebelum penghantaran ketika awal pengajuan surat magang sudah berpesan kepada mahasiswa magang untuk membuat perencanaan kerja, sebagai pedoman selama magang.

“karena sebagai tim media memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing tidak bisa full memberikan dan mengajarkan, jadi di harapkan kepada anak magang untuk lebih aktif bertanya dan berkegiatan nantinya,” sambungnya.

Afrizal juga menyampaikan paparan selama magang di Tribun. Sebagai media tidak begitu menakutkan seperti yang di bayangkan, kedepannya akan lebih menyesuaikan diri dan menyesuaikan waktu. Karena ada beberapa mahasiswa yang belum terbiasa dengan dunia kerja.

Nantinya mahasiswa magang ini akan di bagi jadi dua shift yaitu malam dan siang agar mempermudah pembagian tugas. Mengenai sikap, tentunya bersikap fleksibel terhadap kemampuan yang di miliki oleh masing-masing masing mahasiswa.

“Mungkin mereka sudah memiliki dasar dasar di media, tapi pengelolaannya secara profesional atau sesuai dunia kerja masih belum atau masih perlu belajar lagi,” tuturnya.

Sementara itu, DPL yang di beri amanat kepada Neni Efrita dan Arifah Yeni menyampaikan rasa berterimakasih atas terjalin nya kerja sama mahasiswa magang.

Pesan penting kepada mahasiswa agar mendesak, juga mencuri ilmu sebanyak-banyaknya yang ada di Tribun.

“Pertama mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Tribun yang telah mau bekerjasama menerima mahasiswa kami dan tanpa ada pungutan biaya sepersen pun untuk menuntut ilmu yang sangat mahal selama PL berlangsung,” ungkap akrab disapa Mandeh.

Pada kesempatan itu, Mandeh terang-terangan menentang kepada mahasiswa yang akan magang di Tribun untuk membuktikan bahwa kuliah tidak hanya sekedar mendapatkan nilai terbaik.

Tetapi di sinilah pembuktian dari semua ilmu yang di pelajari selama perkuliahan di bidang komunikasi.

“Ananda sudah di terima di sini tinggal bagaimana bisa memanfaatkan waktu supaya skill anda itu memang bisa terpakai di dunia kerja,” jelasnya.

Turut hadir Penanggung Jawab redaksi, Emil Mahmudsyah dan Business Manager, Widoyo sebagai pemandu proses serah terima penghantaran mahasiswa magang.

Di sisi lain Widoyo juga mengajak lebih dalam kepada kampus UIN IB Padang untuk melakukan kerja sama lainya.

Tidak hanya itu, juga penanda tanganan MOU selain dari kerja mahasiswa magang.

“Sebagai contoh Tribun Padang mempunyai banyak output mulai dari media sosial, website portal, YouTube dan lainya,” lanjutnya

“Yang bisa untuk membantu branding atau memperkenalkan kepada masyarakat luas ketika ada penerimaan mahasiswa baru di UIN IB Padang,” tutupnya.

Adapun empat mahasiswa KPI yang melaksanakan PL di Tribun Padang, Akbar NST, Habib Jatmika Imam, Muhammad Arif, dan Thoriq Muhammad.

Di ketahui proses kerja sama mahasiswa magang akan berjalan selama 4 bulan kedepan. Hari pertama pelaksanaan gerak cepat, akan langsung di mulai siang ini. (Bib).

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Akbar NST.

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *