Musabaqah Syarhil Quran, Lahirkan Peserta yang Berkompeten

Padang, DKTV – UIN Imam Bonjol Padang sukses menggelar Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dalam event seIBa International Festival, pada 25 September 2024 di Aula Gedung Syariah.

Perlombaan yang di ikuti oleh perwakilan dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini berhasil menarik perhatian para peserta dan juri.

Juri yang di tunjuk untuk menilai lomba MSQ Syafrizal memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan acara ini.

“Lomba MSQ ini sangat baik dan spektakuler. Ini mendorong mahasiswa untuk lebih mendalami Al-Quran dan menunjukkan kemampuannya,” puji Syafrizal.

Syafrizal menjelaskan bahwa penilaian lomba MSQ sangat detail. Setiap tim yang terdiri dari tiga orang yang berdasarkan penilaian dari berbagai aspek di antaranya, pensyarah, tilawah, dan penerjemah.

Mulai dari kemampuan pensyarah dalam menyampaikan materi, kualitas tilawah yang meliputi tajwid dan irama. Sehingga kemampuan penerjemah dalam menyampaikan pesan Al-Quran secara puitis.

Kendala yang di hadapi dalam jumlah dewan juri terbatas. Sudah semestinya, setiap komponen penilaian membutuhkan tiga juri. Akan tetapi, keterbatasan dari mempunyai satu dewan juri dalam menilai ketiga komponen.

“Salah satu kendala yang kami hadapi adalah jumlah dewan juri yang terbatas. Idealnya, setiap komponen penilaian membutuhkan tiga juri. Namun, karena keterbatasan, kami hanya memiliki satu dewan juri untuk menilai ketiga komponen tersebut,” jelas Syafrizal.

Klik Follow Instagram Kaba Kampus

Syafrizal berharap, semoga ke depannya peserta lomba MSQ dapat meningkatkan kemampuannya. Terutama dalam hal tajwid, irama, dan penyampaian materi yang lebih menarik.

Sementara itu, Panitia cabang lomba MSQ Zahra Khairani mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan cukup matang.

Mulai dari penyiapan ruangan, koordinasi dengan juri yang berasal dari UIN Imam Bonjol sendiri, hingga pengaturan teknis. Tidak lupa juga mengundang MC dan protokoler untuk menambah semarak acara.

“Banyak peserta yang memiliki potensi yang bagus, namun masih perlu perbaikan dalam beberapa hal,” tambahnya.

Salah satu peserta perlombaan MSQ, Kiki Ayu Asari dari UIN Sunan Aji Muhammad Idris Samarinda mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Saya belajar banyak dari lomba ini,” ujarnya.

Kiki juga mengungkapkan kendala yang dihadapi timnya. Tentang kurangnya waktu untuk berlatih bersama karena kesibukan masing-masing anggota tim.

Namun, Kiki tetap berharap agar mendapatkan hasil yang memuaskan dari usaha timnya.

“Kalau bisa juara satu, tetapi kembali lagi kepada takdir allah dan rezeki masing-masing” tutupnya

Peserta dari berbagai PTKIN turut meramaikan ajang MSQ ini, di antaranya:

  • • UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • • UIN Sulthan Thaha Sifuddin Jambi
  • • UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • • UIN Sunan Kudus
  • • UIN Kiai Haji Achmad Siddq Jember

Pemenang lomba MSQ akan diumumkan pada malam puncak acara SEIBA International Festival. Panitia berharap, lomba ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan peningkatan kualitas para peserta dalam memahami dan mengamalkan Al-Quran.

Wartawan : Pajri Husnul Hotima dan Yasyifa sayyida

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *