Dema Syariah Buka Relasi Internasional

Padang, DKTV – Demi memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa, Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang sukses menggelar Syari’ah Action Go Tour Internasional (SAGTI) pada tanggal 20-22 September lalu.

Program yang telah dipersiapkan sejak April ini berhasil membawa 18 mahasiswa dari berbagai fakultas di UIN Imam Bonjol untuk mengunjungi beberapa universitas dan destinasi wisata di Malaysia.

Konsep tabungan yang diterapkan sejak awal menjadi kunci keberhasilan SAGTI. Dengan sistem angsuran bulanan atau mingguan, peserta dapat mengatur keuangan dan tidak merasa terbebani.

Selama tiga hari di Malaysia, peserta SAGTI mengunjungi University of Malaya dan International Islamic University Malaysia.

Klik Follow Instagram Kaba Kampus

Selain melakukan kunjungan akademik dan berkesempatan berinteraksi dengan mahasiswa di sana, serta melakukan berbagai kegiatan sosial.

Gubernur Dema Fakultas syariah, Rifky al Faiz mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperluas relasi ke tingkat internasional.

“Kegiatan ini tidak hanya memperluas wawasan kami, tetapi juga membuka peluang kolaborasi di masa depan,” ungkap Rifky.

Selain kunjungan akademik, peserta SAGTI juga menjelajahi beberapa destinasi wisata ikonik di Kuala Lumpur seperti Batu Caves, KLCC, Dataran Merdeka, dan Central Market.

Kegiatan-kegiatan ini di harapkan dapat memperkaya pengalaman dan memberikan kesan mendalam bagi para peserta.

Meskipun berjalan lancar, kegiatan SAGTI tidak lepas dari kendala. Beberapa peserta mengalami kendala kelebihan bagasi saat kepulangan sehingga harus meninggalkan pesawat.

Berkat kekompakan tim dan bantuan dari peserta lain, masalah ini dapat teratasi dengan cepat. Peserta yang ketinggalan pesawat dapat menginap di rumah salah satu peserta yang memperpanjang tinggal di Malaysia.

Keberhasilan SAGTI ini menjadi motivasi bagi Dema Fakultas Syariah untuk terus mengadakan kegiatan serupa.

Rifky berharap, semoga Dema Fakultas Syari’ah dapat terus berjuang di berbagai event internasional dan event ini akan kembali pada bulan Oktober mendatang.

“Kami berharap DEMA Fakultas Syari’ah bisa terbang lebih tinggi lagi dengan berbagai event internasional lainya, insyaallah kami akan mengangkat kembali event SAGTI batch 2 di bulan Oktober mendatang”.ujar Rifky

Selain itu, beberapa mahasiswa yang sudah mempunyai pengalaman yang di peroleh dari SAGTI dapat menjadi generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, inovatif, dan memiliki relasi internasional yang luas.

Selama tiga hari di Kuala Lumpur, peserta SAGTI melakukan berbagai kegiatan menarik, antara lain:

  1. Kunjungan ke University of Malaya dan International Islamic University Malaysia
  2. Berinteraksi dengan mahasiswa di Malaysia
  3.  Kegiatan sosial di Batu Caves
  4. Wisata ke KLCC, Dataran Merdeka, dan Central Market

Wartawan: Yasyifa Sayyida

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *