Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UIN Padang, Taufiqurrahman: Ayah Saya adalah Pahlawan

PADANG (DKTV)

Rapat Senat Terbuka Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang secara resmi mengukuhkan prof.Dr.Taufiqurrahman,M.Ag.M.Hum sebagai guru besar UIN IB Padang. Taufiqurrahman dikukuhkan sebagai guru besar bersama dua tokoh lainnya yakni Prof. Dr Salma dan Prof. Dr. Nelmawarni yang berlangsung di Auditorium Mahmud Yunus, Kamis (2/6)

Dalam pengantar orasi ilmiahnya ia mengatakan, bahwa ayah adalah pahlawan dan inspirasi keluarga untuk kebijakan doa dan karismanya. Ibu merupakan penguat jiwa karna contoh kegigihan dan kerja kerasnya.

Taufiq menjelaskan, judul yang ia ambil dalam orasi ilmiah sesuai dengan bidang keilmuan dan pengetahuannya. “Saya membuat judul orasi ilmiah yaitu Altruisme Dalam Literasi Intelektual Spritual Sosial Imam Al Ghazali,” ujarnya.

Dalam orasi dia menyampaikan, manusia tidak mau memahami atau mungkin melupakan bahwa antara satu manusia dengan manusia lain adalah bersaudara prasangka negatif. Itulah permasalahan manusia dengan dirinya ketika ia mengakui eksistensi manusia lainnya.

Maka saat itu ia mulai merasa khawatir, cemas dan takut bahwa dia akan dilupakan yang kemudian menghilangkan ketidakpedulian kepada orang lain. “Bersedekah, berbagi dan dermawan bukanlah akan membuat manusia menjadi miskin atau kehilang tapi pada saat itulah akan merasakan kekayaan yang sesungguhnya, ” tuturnya.

Kemudian, Tafiqurrahman mengatakan terkait dengan tugas dan kewajiban semenjak telah dikukuhkan sebagai jabatan tertinggi di akademik akan fokus kepada penelitian.

“Untuk proses pengukuhan ini kurang lebih empat tahun belakang,” katanya kepada wartawan DKTV. (wldn)

Wartawan : Heru Praseptian

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *