Langka, Kanker Payudara Pada Kaum Adam Dapat Menyebabkan Kematian

Sumber Foto: Okezone

Apakah Kanker Payudara bisa terjadi pada kaum Adam seperti banyaknya kasus yang terjadi pada kaum Hawa?, dalam hal ini banyak yang tidak tahu bahwa pria juga bisa menderita kanker payudara karena orang-orang menganggap pria tidak memiliki payudara. Namun sedikit yang menghiraukan bahwa sebagian kecil pria mengalaminya. Kanker payudara merupakan sel tidak normal yang terus tumbuh berlipat ganda dan membentuk benjolan di area payudara. Kanker payudara memang mayoritas menjadi penyakit yang menyerang para wanita, namun kanker payudara juga bisa dialami oleh pria.

            Dilansir dari Sindo.com Dokter Spesialis Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksosono Sudoyo, Sp. PD-KHOM, FACP, mengklaim memang betul pria pun bisa kena tumor  payudara. Angka pasien pria kanker payudara sangat kecil tapi fakta yang ditemukan, kanker payudara pada pria justru sulit sekali disembuhkan, karena dasarnya bukan Estrogen.

            Payudara pria umumnya tidak dapat membesar layaknya payudara dan puting pada wanita, karena kondisi payudara pria yang pada umunya tidak dapat membesar seperti payudara wanita, banyak orang beranggapan bahwa kanker payudara hanya dapat terjadi pada wanita saja. Tetapi ternyata kanker payudara dapat ditemukan pada pria juga.

            Dilansir dari halodoc.com, walaupun bentuk payudara pria tidak sama sama seperti wanita, tetapi pria tetap memiliki risiko mengalami kanker payudara. Pada tubuh pria tetap memiliki jaringan payudara, meski perkembangannya tidak sebanyak pada wanita. Jaringan inilah yang kemudian berisiko terserang kanker dan bisa menimbulkan gejala penyakit. Kanker payudara pada pria bisa berkembang pada jaringan kecil yang berada di belakang puting. Kebanyakan kasus kanker payudara pada pria baru diketahui pada tahap yang sudah lanjut. Hal ini disebabkan karena banyak pria yang tidak tahu mengenai ciri-ciri kanker payudara pada tubuhnya. Beberapa pria juga mendiamkan dan tidak segera menemui dokter ketika terdapat gejala, seperti adanya benjolan pada payudara.

            Masyarakat khususnya para pria harus mulai sadar dengan penyakit ini. Artinya, pria pun sejatinya berpotensi mengalami tumor payudara, tidak hanya perempuan. Penyebab kanker payudara sendiri memang belum pasti, para pakar mempekirakan bahwa sekitar lima sampai sepuluh persen angka kejadian kanker payudara dikaitkan dengan mutasi gen yang diturunkan secara genetik.

            Sebanyak 1% dari jumlah total kasus kanker payudara di dunia dialami oleh pria. Seringkali kanker tersebut di ketahui saat sudah menginjak stadium lanjut dan memiliki resiko kematian yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena kurangnya kewaspadaan akan munculnya kanker payudara pada pria dan kecendrungan untuk tidak memikirkan dan tidak menyadari bahwa pria juga bisa terkena kanker payudara.

            Pada pria, kanker payudara dapat terjadi pda usia berapa pun. Namun biasanya, penyakit ini lebih sering dialami oleh pria berusia 60-70 tahun. Penyakit tersebut biasanya  meningkat sejalan dengan bertambahnya usia penderita. Sama dengan wanita, pria pun memiliki sel-sel dan jaringan payudara, yang memungkinkan sel kanker tumbuh dan berkembang pada area ini. Meskipun, payudara pada pria tetap kecil dan rata serta tidak memproduksi air susu. Pria juga bisa memiliki benjolan pada payudara. Gambaran umum dari payudara yang membesar disebut ginekomatis. Ini menandakan bahwa adanya kemungkinan terjadinya kanker payudara.

            Perlu dicurigai jika benjolan atau nodul timbul pada payudara pria, ini bisa jadi tumor  serta jika benjolan terus tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali, maka ini bisa berkembang menjadi kanker. Nantinya sel-sel kanker bisa saja menyerang kelenjer getah bening pada ketiak dan leher, lalu menyebar ke organ lainya. Mulailah kenali dari sekarang gejala dari kanker payudara pada pria karena, banyaknya kasus kanker payudara pada pria baru diketahui pada tahap yang sudah lanjut. Ini disebabkan banyak pria yang tidak tahu ciri-ciri kanker payudara pada tubuhnya.

            Dikutip dari sindo.com Prof Aru mengutarakan, ada beberapa faktor penyebab seseorang pria bisa mengidap kanker payudara, misalnya karena lingkungan dan perokok aktif. Rokok tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru tetapi bisa memberi masalah pada payudara. Dari segi lingkungan bisa jadi banyak mengkonsumsi alkohol, stress, obesitas serta pekerjaan yang langsung terkena paparan suhu panas yang tinggi.

            Untuk memahami lagi mari kita ulas beberapa gejala kanker payudara pada pria pertama, adanya benjolan pada payudara yang tidak nyeri, namun nyeri ini dapat terjadi pada beberapa kasus, selanjutnya perubahan pada puting payudara seperti kemarahan, bersisik, atau tertarik ke dalam, adanya cairan dari puting payudara, nyeri pada tulang dan terakhir terjadi pembesaran kelenjer getah bening pada ketiak. Untuk pencegahanya sendiri tentunya kita harus menerapkan pola hidup sehat untuk menurunkan resiko dari kanker payudara. Kurangilah konsumsi alkohol , menjaga berat badan, serta kelola stress dan istirahat yang cukup. Jika di rasa gejala diatas terdapat pada diri anda maka segeralah temui dokter spesialis onkologi. Semakin cepat ditangani, semakin tinggi kesempatan untuk sembuh.

            Jika pada hari ini masih banyak pria yang kurang waspada terhadap pkanker payudara, tidak dipungkiri penyakit ini bisa mengancam keselamatan jiwa karena kanker payudara dapat menyebar denga cepat dan menyebabkan komplikasi.(wldn)

~Tata Raihan Fadila

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *