Gerakan Tangan dan Hentakan Kaki, Membuat Penonton Terkagum-kagum

Padang (DKTV)

Penonton terkagum-kagum dan merasa tegang dari penampilan tarian khas, yaitu Tari Piring dari Lenggok Sibungsu. Membuat penonton antusias dengan gerakan tarian tersebut. Hentakan kaki diatas kaca membuat penonton bertepuk tangan terhadap tarian penutupan seminar nasional Ikatan Mahasiswa Pemuda Pelajar Pesisir Selatan (IKMPPPS) UIN Iman Bonjol (IB), Padang.

Penampilan yang berasal Suku perantau mempunyai keindahan alam yang tidak tergantikan dan budaya yang masih dilestarikan. Tarian yang menjadi icon yang digunakan sebagai ciri khas budaya masyarakat Minangkabau.

Secara tradisional, tarian yang terlahir dari Solok, Sumatera Barat. Akan tetapi, setiap nagari menampilkan tari piring yang dengan ciri khas masing-masing.

Perbedaan bisa dilihat dari letak gaya memainkan Tari Piring dan struktur penyambutan Tari Piringnya. Sebab, tari piring sering ditaring digunakan oleh para perantau di setiap acara yang bersifat sosial seperti, perkawinan ataupun penyambutan.

Dengan hebatnya penari mengayunkan piring ditangan mereka bersamaan mengikuti irama dan gerakan yang teratur. Tanpa menjatuhkan atau melepaskan piring ditangan. Posisi badan penari tegak ditambah gerakan yang sangat lincah dan terkesan ringan. Model piring yang digunakan berukuran kecil.

Wajar saja, penonton semua terpungkau dengan gerakan tarian tadi. Sampai gemuruh tepuk tangan dari penonton tak terbendung.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *