Peluang dan Tantangan Kuliah di Luar Negeri

Padang (DKTV)

UIN Imam Bonjol Padang telah melaksanakan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) hari pertama. Dalam kesempatan itu, Dr. Surya M.A menyampaikan materi yang bertajuk “Peluang dan Tantangan Kuliah di Luar Negeri”.

Ia mengatakan, PBAK bukan hanya program orientasi melainkan sebagai pintu gerbang menuju dunia peluang yang tak terhingga. Saat ini adalah waktu penemuan, eksplorasi diri, pertumbuhan pribadi, serta menciptakan rasa kepemilikan dan inklusivitas.

Dalam dunia pendidikan tinggi yang semakin kompetitif. Mahasiswa dituntut untuk memiliki lebih dari sekadar kecerdasan intelektual. Sejumlah karakteristik penting menjadi kunci kesuksesan seorang mahasiswa.

Dr. Surya M.A juga menyampaikan,setidaknya ada 15 karakter utama atau tips yang perlu dimiliki seorang mahasiswa.

Lanjutnya, rasa ingin tahu yang tinggi mendorong mahasiswa untuk terus belajar dan menggali ilmu pengetahuan. Ketekunan memungkinkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan akademik dengan gigih.

Tanggung jawab yang besar membuat mahasiswa mampu untuk mengatur waktu dan menyelesaikan tugas dengan baik. Selain itu, disiplin diri yang kuat membantu mahasiswa untuk menjaga konsistensi dalam belajar.

Kreativitas memungkinkan mereka untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif. Berpikir kritis membekali mereka dengan kemampuan menganalisis informasi secara mendalam. Kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang baik sangat penting dalam bekerja sama dengan teman sejawat dan dosen.

Kemampuan dalam beradaptasi yang tinggi membuat mahasiswa mampu menghadapi perubahan dengan cepat. Kemerdekaan dalam berpikir dan bertindak mendorong mahasiswa untuk menjadi individu yang mandiri. Percaya diri yang kuat menunjang keberhasilan dalam menghadapi berbagai situasi.

Tidak hanya itu, empati terhadap sesama juga menjadi nilai tambah bagi seorang mahasiswa. Antusiasme yang tinggi membuat mereka menikmati proses belajar. Terakhir, kerendahan hati mendorong mereka untuk terus memperbaiki diri dan menghargai pendapat orang lain.

Dengan menggabungkan seluruh karakteristik di atas. Pentingnya kepada mahasiswa dapat meraih prestasi akademik yang gemilang dan menjadi lulusan yang berkualitas.

Wartawan: Yasyifa Sayyida

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *