Soal Empat Pilar, Ranah Minang Jauh Lebih Dulu

PADANG (DKTV)

Supardi selaku ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), ikut menghadiri kegiatan pengukuhan Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Alumni (ILUNI) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang. Pada kesempatan tersebut Supardi berbicara mengenai konstitusi, kesatuan dan keberagaman masyarakat Sumbar terhadap Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Dalam sambutanya, Supardi mengatakan tidak ada pemberontakan di Sumbar, namun terdapat intoleranasi karena adanya paham, tetapi bukan dari masyarakat lokal sendiri, melainkan itu terjadi oleh masyarakat luar yang menepati wilayah Sumbar.

Dijelasakan, terkait respon intoleransi masyarakat Sumbar terkaut Empat Pilar MPR RI belum bisa disaksikan secara nyata.

Melihat dari kondisi tersebut, sejak berdirinya Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC) pada abad ke-16, Minangkabau sudah memiliki genetika Empat Pilar.

“Dibuktikan dengan kata, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah yang masih ada sampai saat ini”. Ujar Supardi, Sabtu (21/05).

Dilanjutkan dalam sambutannya, ketua DPRD Sumbar ini mengucapkan selamat atas pelantikan PP ILUNI UIN IB Padang periode 2021-2026, serta setelah pelaksanaan pelantikan, bisa memberikan kontribusi yang besar bagi Sumbar dan UIN IB Padang kedepannya.

“Semoga setelah pelantikan PP ILUNI ini, ada pengaruh besar untuk Sumbar yang akan membawa Sumbar lebih maju kedepanya”. Tuturnya.

Supardi berharap, agar ILUNI UIN IB Padang bisa menjadi organisasi yang besar dan mampu membawa perubahan bagi Islam menuju kecerahan di Sumbar saat ini.

“Saya yakin ILUNI bisa bekerja sama dengan organisasi yang ada tidak hanya di Sumbar”. Tutupnya. (hps)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *