Kunjungan Perpustakaan UIN IB Padang Membeludak, Perpustakaan Targetkan 2000 E-Book

PADANG (DKTV)

Kunjungan mahasiswa ke perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang setelah pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Hal ini juga dikarenakan sudah berjalanya buku elektronik (E-Book) sejak enam bulan yang lalu. Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) targetkan penambahan 2000 E-Book dan mengatakan membaca sudah bisa melalui website perpustakaan.

Fauzi selaku Kepala UPT Perpustakaan UIN IB padang menuturkan, sebanyak 127 buku sudah bisa diakses melalui website perpustakaan. Fauzi menambahkan, Perpus UIN IB akan membeli software original untuk mendukung penambahan koleksi E-Book.

Terkait penambahan E-Book tersebut karena perpindahan kampus ke Sungai Bangek yang akan dilaksanakan. “Namun, dikarenakan belum ada kepastian tentang perpustakaan di kampus III UIN IB Padang, oleh karena itu target penambahan E-Book ini dilakukan”. Ujarnya kepada wartawan DKTV, Rabu (25/05).

Ditambahkan, kunjungan mahasiswa yang membeludak dan mahasiswa memiliki antusias yang tinggi untuk membaca buku baik lantai satu maupun lantai dua perpustakaan UIN IB Padang. Oleh karena itu, Perpustakaan UIN IB Padang melakukan pengadaan fasilitas baru yaitu ruangan baca ataupun diskusi untuk dosen yang disediakan sebanyak dua ruangan.

Dijelaskan juga, untuk penambahan buku di perpustakaan UIN IB Padang setiap tahun selalu diadakan termasuk penambahan E-Book.

“Sampai pada saat sekarang, sedang mengumpulkan data- data dari penerbit terkhusus dari yang eletroniknya. Dan untuk penangan kehilangan buku dapat di selesaikan karena kita ada sistemnya, semua buku tercatat dan setiap buku yang hilang akan ada tindak lanjut untuk mengganti dengan buku yang sama”. Ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Junita Puji Rizka mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab mengatakan, belum mengetahui adanya pengadaan buku elektronik di perpus UIN IB Padang.

Kemudian Rizka mengatakan, sangat mengapresiasi adanya pengadaan buku elektronik tersebut, karena dapat mempermudah mahasiswa dalam mengakses buku tanpa harus datang ke perpustakaan.

“Sangat bagus sekali, karena perpustakaan sangat sering dikunjungi oleh mahasiswa, tapi sekarang bisa mengakses buku dengan menggunakan sosial media”. Ucapnya.

Rizka berharap, agar buku elektronik dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan dapat meningkatkan literasi mahasiswa di UIN IB Padang. (hps)

Wartawan : Akbar, Habib dan Lara

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *