Selamat Datang
Prodi Islamic Studies

Alhamdulillah, yang ditunggu-tunggu telah tiba. Program Studi (Prodi) Islamic Studies untuk Strata 3 (S3) di Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Saya turut bahagia dan bangga, juga berterima kasih tiada terhingga, hormat tiada henti, kepada orang-orang yang telah merintis hingga Prodi satu ini bisa dihadirkan.

Bahagia dan bangga, bersebab Prodi ini sangat penting untuk menjawab kebutuhan publik; lahirnya cendekiawan-cendekiawan yang moderat (washatiyah), dalam kajian-kajian keagamaan. Lebih-lebih menyambut milenial Generasi Z, dan A, yang sudah lebih jauh menguasai teknologi informasi. Mereka harus ditanamkan, diisi, pemikiran dan spiritualitas yang kokoh agar tidak mudah terombang-ambing oleh hoax dan fake news receh temeh.

Islamic Studies merupakan program studi yang akan memberikan materi-materi kuliah bersifat kajian mendalam dalam bidang keilmuan Pemikiran Islam (Filsafat Islam); Tarekat dan Sufisme; Politik Islam; Dakwah, Politi, Media dan Komunikasi; Sejarah dan Peradaban; Demokrasi dan HAM; Kajian Gender; serta kajian kontemporer lainnya. Kajian-kajian ini ini sangat penting karena selalu berdekatan dengan isu aktual yang terjadi di dunia.

SK Izin Prodi Islamic Studies ditandatangani Dirjen Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramadhani, tertanggal 10 Mei 2022, Nomor: 456 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaran Program Studi Studi Islam untuk Program Doktor pada Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Selasa siang, (31/5) SK Prodi ini diterima langsung dari Dirjen melalui Kasi Bina Prodi Direktorat Pendidikan Tinggi, Ditjen Pendis Zidal Huda, S.Ag, MH. oleh Direktur Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Firdaus, M.Ag.

SK Izin Penyelenggaraan Studi Islam (S.3) menambah satu lagi prodi di PPS yang sebelumnya dua; Prodi Hukum Islam (HI) dan Prodi Pendidikan Islam (PI).

“Ini peluang dan tantangan bagi kita dalam rangka melahirkan anak bangsa dengan disiplin ilmu Studi Islam yang sudah lama sekali diinginkan oleh masyarakat kita di Ranahminang dan luar dari Provinsi Sumbar. Kita yakin, bila tidak ada aral melintang tahun akademik 2022/2023, Insya Allah kita segera menerima mahasiswa baru melalui mekanisme dan aturan yang berlaku sebagaimana tertuang dalam SK Menag tersebut,” demikian dikatakan, Firdaus, usai menerima SK Prodi, dengan nada senang.

Rektor UIN IB Padang, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd, menyambut antusias menyebutkan, secara pribadi dan kelembagaan sangat mengapresiasi, berbahagia karena PPs kini mendapat amanah untuk mengembangkan ke-ilmuan baru di bidang Studi Islam. Sebab Prodi ini, sudah menjadi cita-cita lama.

Kehadiran Prodi Islamic Studies tentunya akan memberi kesempatan kepada magister-magister yang sempat tertahan untuk melanjutkan pendidikan doktoral karena terkendala jarak dan waktu. Selamat datang Prodi Islamic Studies. Ayo kawan, kuliah S3 lagi!.

ABDULLAH KHUSAIRI
Alumni Prodi Islamic Studies
Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *