Resmi, Ketua Senat UIN Imam Bonjol Padang Kukuhkan Tiga Guru Besar

PADANG (DKTV)

Ketua Senat Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Duski Samad resmi mengukuhkan tiga guru besar. Diantaranya, Taufiqurrahman Guru Besar Bidang Ilmu pendidikan Islam, Salma Guru Besar Bidang Ilmu Ushul fiqh, dan Nelmawarni, M. Hum. Guru besar tersebut dikukuhkan secara langsung dalam Rapat Senat Terbuka UIN IB Padang di Auditorium Prof. M Yunus kampus ll UIN IBPadang, Kamis (02/06).

Rektor UIN IB Padang Martin Kustati, mengucapkan selamat kepada tiga guru besar yang sudah resmi dikukuhkan. “Telah banyak lahir tokoh besar yang menyampaikan buah pikir menuju UIN peradaban,” ujar Martin dalam sambutanya.

Dikatakan, dengan bertambahnya tiga guru besar dengan jabatan tertinggi, pada 17 Juni mendatang akan mengirimkan 20 calon guru besar untuk diakselerasi dan ini akan diberangkatkan ke Yogyakarta dalam rangka mengikuti proses penulisan.

Kemudian, Martin menambahkan perguruan tinggi yang unggul adalah yang memiliki jumlah dosen dengan jabatan tertinggi yaitu guru besar. Oleh karena itu, akan mengirimkan 10 calon guru besar pada tahun ini. Maka diharapkan pertambahan yang signifikan sebagai penggerak seluruh di bidang akademik UIN IB Padang.

Penambahan tiga guru besar kali ini menjadi sejarah baru karena 15 guru besar telah ditanda tangani oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan dua diantaranya berasal dari UIN IB Padang.

“Ini merupakan salah satu pencapaian yang luar biasa dan juga dapat di rasakan seluruh PerguruanTinggi Keagamaan Islam (PTKIN) yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Martin berharap ketiga guru besar ini akan memberikan kontribusi pemikiran yang aktif dan inovatif. Kepada Kementerian Agama jika ada program percepatan perpangkatan UIN IB Padang bisa mendapatkan kuota yang banyak.

“Dengan di kukuhkan tiga guru besar ini bisa menambah semangat baru, semangat menumbuhkan dedikasi akademik dan masyarakat luas memiliki pengetahuan yang lebih luas. Sehingga dengan program pengetahuan tersebut kita terus bisa beraptasi dengan keadaan dan kehidupan yang terus berubah,” harapnya. (hps)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *