Peran Digitalisasi dalam Perkembangan Naskah

PADANG (DKTV)

Geliat akademik dan kehausan akan ilmu sangat dinantikan oleh mahasiswa. Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang gelar Stadium General dengan tema naskah dan digitalisasi. Hadir sebagai narasumber Dick Van Den Meij yang berlangsung di Auditorium Mahmud Yunus. Jum’at, (03/06).

Dalam pembukaan Martin Kustati menyampaikan, geliat akademik dan kehausan akan ilmu sangat dinantikan oleh mahasiswa sejalan dengan 12 slot Wakil Rektor kependidikan tidak hanya untuk dosen tapi untuk semua kelembagaan yang berkalaborasi dengan networking.

Ditambahkan juga, Martin mengatakan Al-ilmu nurun yaitu ilmu adalah cahaya. “Dengan ilmu itu kita bisa memberikan cahaya kepada orang yang ada disekitar kita.” Ucapnya.

Martin berharap, dalam mempersiapkan infrastruktur perencanaan pembangunan perpustakaan berbasis digitalisasi yang didalamnya berupa buku dalam bentuk digital, pdf baik jurnal maupun naskah yang akan terdapat di dalam buku elektronik dapat terlaksana pada tahun ini.

Kemudian, Dick Van Den Meij selaku pemateri menyampaikan empat poin penting yaitu, pertama melestarikan kebudayaan naskah seperti yang dilaksanakan sekarang oleh berbagai program digitalisasi dalam hal ini sangat menguntungkan peneliti dan pecinta naskah lainnya.

Kedua, Infestarisasi program digitalisasi global sangat diperlukan untuk memfasilitasi para peneliti. Ketiga, diskusi diantara pelaksana program digitalisasi dapat menghasilkan akses yang lebih mudah dan kerjasama dan standarisasi yang sangat penting. Keempat Program digitalisasi hendaknya berkesinambungan dan direncanakan untuk jangka panjang dan juga jika program digitalisasi sendiri sudah berakhir.

Dilanjutkan, tujuan dari digitalisasi yaitu untuk melestarikan isi naskah dan supaya isi naskah tidak hilang serta bisa dipelajari oleh siapapun yang bisa diakses di internet.

Dick Van Den Meij juga memberikan tanggapan terhadap mahasiswa yang mengikuti stadium General yang tidak terlalu berfikir tapi hanya mendengarkan saja. (hps)

Wartawan : Lara dan Lila

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *