1.686 Calon Maba Langsungkan UMPTKIN

PADANG (DKTV)

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang langsungkan penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN) secara daring. Sebanyak 1.686 calon mahasiswa baru langsungkan ujian secara daring.

Wakil Rektor I UIN IB Padang Bidang Akademik dan Kelembagaan, Yasrul Huda mengatakan dalam pelaksanaan ujian dilakukan dengan tiga sesi. “Saat ini sedang berlangsung pelaksanaan ujian online jalur UMPTKIN,” katanya kepada wartawan DKTV, Rabu (15/6).

Dijelaskan, untuk pendaftaran jalur UMPTKIN sudah dibuka pada 25 April – 4 Juni pukul 16.00 WIB dan Ujian diadakan selama empat hari 14 – 17 Juni 2022. Terkait hasil ujian akan diumumkan pada 30 juni mendatang.

Kemudian, mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian akan ditentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang nantinya ditetapkan oleh pihak kampus sesuai dengan hasil wawancara dan pendataan. “Komposisi UKT dibagi sebanyak tujuh tingkatan dan setiap Prodi memperoleh UKT yang berbeda,” ujarnya.

Terkait tingkatan UKT, Yasrul Huda mengatakan untuk mengetahui besaran tingkatan UKT tersebut bisa diakses menggunakan internet dengan membuka situs besaran UKT UIN PTKIN. “Masing-masing mahasiswa berada di tingkat yang berbeda, oleh karena itu perolehan besaran UKT didasari oleh akreditasi dan jumlah peminat dalam Prodi,” jelasnya.

Yasrul Huda menuturkan, pada tahun ajaran 2022/2023 mahasiswa yang akan diterima sebanyak 5.300 lebih yang terdiri dari tiga jalur yaitu, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) ,UMPTKIN dan Mandiri.

“Terkait pendaftaran jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri ( SPMBM ) sudah dibuka pada 9 Mei – 17 Juni dengan membayar Rp. 250 ribu,” ujarnya.

Harapannya, semoga UMPTKIN ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan mahasiswa sesuai dengan jumlah yang diharapkan. (hps)

Wartawan : Adila dan Heru

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *