Berdakwah Sesuai Perkembangan Zaman

PADANG (DKTV)

Berdakwah merupakan hal yang wajib bagi setiap muslim, guna membentuk da’i muda yang profesional serta kreatif dan inovatif Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) adakan pelatihan da’i, di Aula Fakultas Dakwah. Rabu (22/06).

Muhammad Fauzi sebagai pemateri menyampaikan bahwa da’i merupakan orang yang menyampaikan amal makruf nahi mungkar, ada tiga prinsip dalam berdakwah yaitu dakwah itu merupakan kewajiban, dakwah memiliki tantangan dan dakwah harus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Berdakwah yang kita maksud adalah prinsip prinsip mengajak orang untuk berbuat baik. Berdakwah adalah hal yang wajib dan bukan hal yang mudah karna akan ada banyak tantangan di dalam berdakwah.” ucapnya.

Lanjutnya, kita harus update terhadap perkembangan zaman agar tidak ketinggalan ilmu pengetahuan terutama update dalam perkembangan ilmu agama. Salah satu cara yang tepat dalam berdakwah adalah dengan pemetakan sesuai situasi dan kondisi orangnya. Artinya dalam menyampaikan dakwah harus sesuai dengan kondisi orangnya bagaimana keadaaannya, kebutuhannya dan kebiasaan dari jamaah setempat.

Tambahnya, orang yang hebat itu biasanya adalah orang yang memiliki kecerdasan sosial. Seorang yang diterima dan dikenal dimasyarakat adalah orang orang yang baik sosialnya.

“Intinya kita harus bisa tetap update terhadap perkembangan perkembangan pengetahuan di zaman sekarang ini.” tutup nya.(mlti)

Wartawan : Habib dan Akbar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *