Pelatihan Da’i, Kolaborasi Mahasiswa Semester VI Bersama HMJ PMI

PADANG (DKTV)

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah Ilmu Komunikasi (FDIK) beserta mahasiswa semester enam, adakan kegiatan pelatihan da’i pengembangan masyarakat islam (PMI) dengan tema “membentuk da’i muda yang profesional, kreatif, inovatif, dan unggul di bidang akademis”. kegiatan ini berlangsung digedung Aula Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) imam Bonjol (IB) Padang. Rabu (22/06).

Hadir Wakil Dekan (WD) III FDIK Abdullah Khusairi, Sekretaris Jurusan PMI Efrisal, Dosen Pengampu sekaligus pemateri Sheiful Yazan, serta Dosen Pembimbing Budi Sefriadi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FDIK dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini sangat berguna karena PMI ini adalah calon penguatan pengembangan dalam masyarakat. Dengan Pelatihan praktek ini dibentuk oleh situasi dan kondisi, pelatihan ini kemungkinan sebuah proses panjang memproses diri. Dakwah dalam pengertian umum dan besarnya komunikasi perubahan, pembangunan, maka pengembangan dakwah membentuk seseorang membawa perubahan.

“Satu ons praktek lebih baik daripada satu tons teori, praktek setiap hari itu penting” ucapnya.

Tambahnya, Kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ PMI ini merupakan hal yang baik, untuk langkah awal jika tadi pendanaan kegiatan itu dari mahasiswa secara patungan, langkah kedepannya untuk HMJ dibuat laporannya oleh pengurus sebagai program dari HMJ.

Abdullah berharap, praktek ini dilakukan secara terus menerus dengan memanfaatkan sarana yang ada, selain itu Fakultas Dakwah juga sudah ada DKTV yang bisa untuk tempat mengabarkan, tempat untuk praktek komunikasi, praktek berdakwah, dan praktek tabligh.

“Ini punya kita semua boleh mendapatkan lebih asal aktif untuk sesuatu yang berbau praktek,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Efrisal selaku Sekretaris Jurusan mengatakan, dengan kegiatan pelatihan ini menambah keprofesional kompetensi juga kualitas sarana dan prasarana yang kokoh dan beberapa indikasi untuk menjadi profesional.

Sheiful Yazan selaku Dosen Pengampu juga menyampaikan, mata kuliah ini targetkan minimal satu kali melakukan pelatihan untuk masyarakat luar kampus apakah dimesjid, minimal sekurangnya melakukan pelatihan dikampusnya.

Budi Sefriadi selaku Dosen Pembimbing menyampaikan, semester enam yang berkolaborasi dengan HMJ PMI, bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari praktek mata kuliah PMI. Enam puluh persen praktek dan empat puluh persen itu materi dan kami akan bermusyawarah dengan mahasiswa untuk pelaksanaan praktek.

“Alhamdulillah disambut baik dengan mahasiswa, dananya dari mahasiswa iuran untuk dapat melaksanakan praktek.” Ujarnya.

Budi berharap, dengan diadakan praktek ini tidak menggangu Ujian Akhir Semester (UAS) atau menghilangkan alasan praktek.

Ketua Pelaksana Aldi Guslinaza dalam sambutannya mengharapkan, dengan diadakannya pelatihan da’i ini dapat menghadirkan dan memunculkan dai kreatif maupun inovatif. Seorang da’i merupakan suatu panutan bagi masyarakat, perbuatan da’i tersebut akan ditiru oleh masyarakat.(mlti)

Wartawan : Habib dan Akbar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *