HMJ Tadris Fisika, Gelar COIS Tingkat Nasional

PADANG (DKTV)

Agenda tahunan Compettion Of Islamic Science (COIS) kembali diselenggarakan oleh Himpunan Jurusan Mahasiswa (HMJ) Tadris Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang. Yang pada tahun sebelumnya sempat vakum akibat covid-19.

Dalam pembukaan kegiatan COIS ini turut hadir Gubernur yang diwakilkan, Dinas Pendidikan, Walikota di wakili Diskominfo, Kemenag, Rektorat dan pihak fakultas.

Fery Sandria selaku ketua umum HMJ Tadris Fisika mengatakan, COIS yang ke lima ini dilaksanakan selama dua hari dengan tiga cabang lomba yang diperlombakan “Cerdas cermat mahasiswa ditingkat sumatera, Olimpiade mahasiswa itu tingkat nasional dan Olimpiade tingkat SMA se Sumbar,” ungkapnya.

Kegiatan COIS terlaksana secara hybeard learning bagi peserta yang berada di Sumatera dan luring bagi peserta yang masih di jangkauan Sumatera Barat.

“Peserta yang melaksanakan lomba secara hybeard learning ada dari UIN Bandung, UIN Jambi UIN, dan UIN Aceh. Bagi peserta yang di luar Sumbar untuk datang disini butuh biaya, oleh karena itu panitia fasilitasi dengan online,” ujarnya.

Ketum HMJ Tadris Fisika ini juga menyampaikan bahwa kegiatan COIS ini sudah terlaksana selama lima kali, sejak tahun 2017 dan ditahun 2020 sempat terkendala karena covid.

“Di COIS pertama di selenggarakan hanya tingkat SMP dengan adanya piala bergilir dari walikota, di cois kedua naik ke tingkat SMA/MA se Provinsi Sumbar juga ada piala bergilir dari gubernur, di tingkat ke empat olimpiade mahasiswa se sumatera dan di sekarang naik di tingkat Nasional,” ucap ketum HMJ Tadris Fisika ketika diwawancarai oleh wartawan Dktv.

kendala dari terlaksananya kegiatan ini belum tercapai target peserta, untuk total jumlah peserta yang mendaftar saat ini 140 dari seluruh cabang lomba.

“Target peserta yang diharapkan minimal 300 orang peserta dan target maksimal itu 900 orang,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk insert sebesar 50 ribu bagi olimpiade mahasiswa dengan 150 per timnya dan cabang lomba cerdas cermat 30 ribu per orangnya.

Fery berharap, agar kegiatan lomba COIS ini tiap tahunnya ada peningkatan dan bisa terselenggara hingga ke tingkat Internasional
seperti cita-cita UIN imam Bonjol Padang sampai ke kanca internasional,” harapnya.

Hmj Tadris Fisika dalam waktu dekat ini juga mentargetkan akan mencari talent-talent dari mahasiswa jurusan fisika. (Bib)

Wartawan: Akbar Nasution

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *