Kunjungan MAN Al Hasanah ke UIN: Semakin Tua Perguruan Tinggi Ilmu nya Lebih Berkembang

PADANG (DKTV)

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) menerima kunjungan santriwan dan santriwati Madrasah Aliyah (MA) Al Hasanah Bengkulu. Rombongan sebanyak 250 santriwan santriwati dan 21 pendamping yang dilaksanakan di gedung Auditorium Mahmud Yunus, kampus II Lubuk Lintah Padang.

Rektor UIN IB Padang Martin Kustati menyampaikan, tahniah kepada seluruh santriwan dan santriwati yang telah datang ke imam Bonjol Padang. Di ruangan ini telah banyak melahirkan banyak ilmuan, banyak pakar yang telah mengepakkan sayap di Sumatera barat juga di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Tokoh- tokoh besar ini merupakan inspirasi sendiri untuk selalu mengembangkan sayap.

Sebagai perguruan tinggi universitas Islam  tertua di Sumatera barat UIN Imam Bonjol Padang merupakan kampus peradaban masa depan bagi Indonesia dan eksentum kajian pengembangan studi.

“Perlu di informasikan saat ini UIN Imam Bonjol Padang sudah memiliki 48 progam studi diantaranya progam studi umum, progam studi keagamaan dan dua progam studi terbaru,” ujar Rektor UIN IB Padang dalam kegiatan kunjungan silaturahmi Man Al Hasanah Bengkulu.

Terdapat tujuh fakultas, diantarnya adab humaniora, ushuluddin dan studi agama, Dakwah Ilmu Komunikasi, Febi, Tarbiyah dan keguruan. fakultas saintek.

“Di tahun 2023 juga ada penambahan fakultas yaitu psikologi dan kesehatan masyarakat, jadi ada 8 fakultas di UIN IB di bulan Maret sudah berlangsung di kampus 3 Sungai Bangek,” tambahnya.

Lanjutnya, penambahan progam studi terbaru ini untuk strata s-3 bagi Doktor. Bagi yang telah menyelesaikan S1 dan S2 untuk melanjutkan program baru dan penambahan studi baru  tawasuf dan psikoterapi di fakultas Ushuluddin.

“kita mempunyai program pasca sarjana  untuk magister dan strata (S3) memiliki total 11 progam studi, 10 yang sudah sudah jalan yang akan di operasikan pada tahun 2023,” ungkapnya.

UIN Imam Bonjol Padang memiliki total 17rb mahasiswa, 1.200 tenaga pendidik, dan 18.200 civitas akademika.

Rektor UIN IB Padang ini juga menyampaikan lima macam jalur seleksi masuk perguruan tinggi Islam negeri ini, jalur Span Ptkin, Umptkin, Mandiri gelombang satu, dua dan tiga.

“Semoga dengan kedatangan santri wati dari Bengkulu ini memberikan inspirasi untuk bergabung di tahun depan, di UIN IB Padang,” harapnya.

Senada dengan itu Deri Fachri Hasyimi selaku kepala sekolah MAN Al Hasanah menyampaikan, terdapat dua target yang ingin dicapai dalam study tour atau silahturahmi ini.

“Pertama motivasi karna kami ingin murid kami nantinya unggul dalam pendidikan, karena semakin tua perguruan tinggi ilmu nya lebih berkembang dari pada yang masih muda.
Yang kedua adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari siswa-siswi tentang bagaimana Perguruan Tinggi itu,” ucapnya.

Kepala sekolah MAN Al Hasanah Bengkulu ini juga menyampaikan di setiap tahun nya pasti ada siswanya yang masuk ke UIN, walaupun tidak banyak minamal ada satu dan itu tergantung keinginan para siswa .

“Mudah mudahan untuk tahun depan akan lebih banyak lagi siswa siswa yang akan kuliah di uin ini,” harapnya. (Bib)

Wartawan: Akbar Nasution, Aufa (Mg), Fernando (Mg), Yulmiati (Mg).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *