Sangat Antusias, 65 Civitas Akademika Ikuti Pelatihan Menulis

PADANG DKTV

“Artikel jurnal ilmiah membutuhkan hasil riset terbaru. Pada masa kini, menjadi akademisi butuh akrab dengan
jurnal-jurnal untuk dibaca dan dipahami”

Demikian dikatakan Prof. Dr. Silfia Hanani, S.Ag, S.Sos, M.Si, ketika memberikan materi pada acara Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah yang dihadiri 65 Civitas Academika yang dilaksanakan di Asrama Haji, pada Selasa (1/11).

“Pastikan tema yang menarik, aktual, serta memahami template dari jurnal,” ujar doktor jebolan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) ini.

kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah yang adakan oleh fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) ini, pelaksanaannya berjalan lancar dan para peserta sangat antusias dalam kegiatan yang dilaksanakan selama sehari penuh.

Pada kegiatan bimbingan penulisan Teknis Artikel Ilmiah dibuka oleh Wakil Dekan I FDIK, Dr. Wanda Fitri, M.Si yang mana pada pembukaan nya Wanda mengatakan kegiatan ini untuk mengupgrade semangat kebiasaan menulis.

Selain Silfia Hanani pada kegiatan ini juga mengundang Dr. Uwes Fatoni, M.Ag sebagai pemateri dengan membahas tema budaya riset dan teknik publikasi bereputasi internasional.

Dalam materinya uwes Fatoni mengatakan ada 5 hal yang dilakukan dalam persiapan pra- menulis yaitu akses jurnal dan buku, baca dan translet jurnal dan buku, resume dan anotasi bibiografi jurnal, berkomunikasi dengan ilmuan dan rutin melakukan riset.

Tambahnya, dalam penulisan artikel ada alur dan proses umum yaitu cek aims dan scope jurnal tujuan, persiapan makalah (template jurnal), submission, accepted, prfread dan published.

” Saya menulis maka saya ada, jika kamu bukan anak seorang raja bukan juga anak seorang ulama besar maka nenulislah,” ucap uwes Fatoni dalam paparan materinya.

Uwes Fatoni juga menambahkan trik produktif menulis yaitu memiliki peta jalan penelitian, produk perkuliahan mahasiswa, kegiatan pengabdian jadikan bahan menulis, sisihkan waktu untuk membaca dan menulis, kolaborasi dengan penulis lain. (Bar)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *