Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Sangatlah Penting

PADANG (DKTV)

Mahasiswa itu tidak hanya berperan sebagai mahasiswa tetapi juga sebagai agen perubahan. Karena mahasiswa mempunyai peran yang sangat besar dari pada hanya sekedar warga negara saja.

Demikian penyampaian Eliana Siregar selaku Wakil Dekan lll dalam pembukaannya pada kegiatan “Focus Group Discussion (FGD)” yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan Pusat UIN IB Padang, Pada Senin (07/11).

Kegiatan FGD ini dihadiri oleh wakil Dekan (WD) III FUSA bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, ketua umum SEMA FUSA, ketua DEMA FUSA, seluruh ketua HMP Fakultas Ushuluddin, dan ketua panitia pelaksana Focus Group Discussion.

Tidak hanya itu, Pada kesempatan ini Eliana Siregar juga mengatakan bahwa Mahasiswa harus mampu mengukir nama dalam sejarah kemahasiswaan agar memiliki relasi dan koneksi dari banyak orang.

“Dunia yang kita lihat ini akan terus berubah maka kita juga harus berubah dari tipe mahasiswa yang basic sekarang harus aktif, harus memberikan banyak kontribusi untuk perjalanan peran mahasiswa itu sendiri,” ujar Eliana dalam pembukaannya.

Ramanda Fajri selaku pemateri dalam kegiatan FGD ini mengatakan bahwa, ketika sedikit berbicara tentang latar belakang sebenarnya agenda ini mengangkat topik, Peran, Fungsi, dan Tanggung Jawab Mahasiswa.

Tambahnya, apa yang salah dengan Negeri ini, menjadi pembahasan yang akan diulas dalam diskusi ini. Para peserta begitu antusias dalam menyampaikan pendapat mereka.

“Kenapa kita tidak mengangkat Peran, Fungsi, dan Tanggung Jawab Warga Negara karena mahasiswa memiliki peran yang jauh lebih besar dari pada sekedar menjadi warga negara saja,” ucap Ramanda Fajri dalam paparan materinya pada acara FGD.

Tidak hanya itu Ramanda Fajri juga mengatakan bahwa, Terdapat amanah-amanah konstitusi yang harus diperjuangkan oleh mahasiswa- mahasiswa sebagai kaum intelektual didalam berbangsa dan bernegara.

Ramanda berharap melalui agenda ini, nanti kedepannya kita dapat memicu semangat kawan-kawan, kita dapat saling berkomunikasi dua arah untuk membahas seperti apa idealnya peran, fungsi dan tanggung jawab mahasiswa, harapnya.

Ilham Asraf selaku ketua umum SEMA menambahkan bahwa FGD ini adalah kegiatan yang penting dan sangat perlu dibudayakan di ranah kampus.

“Seharusnya kegiatan FGD ini dilakukan satu hari penuh sehingga anggota kelompok bisa menyampaikan pendapatnya terhadap permasalahan yang terjadi di Negeri ini,” tutupnya ketua DEMA tersebut.

Wartawan: Annisa Mardiah (Mg), Asifa Rahma (Mg), Regina Maharani (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *