Siapkan Dana 20 Juta HMJ PBA Siap Sukseskan Haflah

PADANG (DKTV)

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, akan menggelar seminar Internasional dan beberapa rangkaian perlombaan, yang akan dilaksanakan pada 25-27 November mendatang.

Dalam kegiatan ini akan dihadiri oleh Rektor UIN IB Padang Martin Kustati, Dekan Fakultas Tarbiah dan Keguruan (FTK) Yasmadi, kepala program studi PBA Harmonedi , Ketua panitia Farhan Furqoni dan seluruh mahasiswa dan siswa dari Sumatera Barat

Ketua panitia Farhan mengatakan, bahwa Haflah adalah sebuah acara yang diangkat oleh HMJ PBA yang mana pada haflah ini terdiri dari beberapa rangkaian lomba dan juga seminar.

Tambahnya, Haflah merupakan acara tahunan HMJ PBA. Acara terbesar di jurusan PBA yang akan dimeriahkan dengan seminar Internasional dan berbagai macam perlombaan nasional.

Untuk acara Haflah ini terbagi jadi dua kategori yaitu Kategori siswa (MA/PESANTREN) yaitu Solo Song, Kaligrafi dan untuk kategori yang kedua adalah kategori Mahasiswa yaitu futsal, debat bahasa arab, taqdimul qishoh, solo song, Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), kaligrafi, karya tulisa ilmiah

Pada kegiatan yang bertemakan “meningkatkan minat, bakat, kreativitas, melalui kompetensi dan eksplorasi menuju generation arabic yang berintegritas di era society 5.0” peserta akan mendapatkan fasilitas nantinya berupa Piala bagi pemenang, sertifikat untuk peserta yang mengikuti seminar internasional dan hadiah menarik lainnya.

“Untuk mempersiapkan acara butuh waktu lebih kurang 3 bulan dan adanya banyak kendala salah satunya dalam mencari tempat acara dengan mengajukan surat peminjaman gedung ke kepala bagian umum rektorat ” ujar ketua panitia tersebut dalam wawancaranya bersama wartawan DKTV.

Tidak hanya itu Farhan juga menjelaskan bahwa tujuan diadakannya seminar sekaligus perlombaan ini adalah untuk memperkenalkan jurusan PBA UIN IB kepada para siswa-siswa. Kemudian untuk menjalin ukhuwah islamiyah dengan kampus lain terutama jurusan PBA dikampus lain.

“Manfaat diadakan perlombaan tersebut untuk mencari bakat, minat siswa dan mahasiswa yang berkaitan dengan lomba yang diadakan” ujar Farhan dalam penjelasannya.

Kegiatan Haflah ini akan mengundang mahasiswa seluruh Universitas Islam seluruh Sumatera dan untuk siswa juga mengundang sekolah-sekolah seluruh Sumatera Barat

Terkait banyaknya yang akan diperlukan Farhan mengatakan bahwa untuk dana yang akan diperlukan panitia harus menyebar proposal dan anggaran biaya yang terkumpul adalah sekitar 20 juta.

Farhan berharap, agar kedepannya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai yang diinginkan.(Bar)

Wartawan : Mutiarani Effendi (mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *