Gerbang Ditutup, Ramainya Pedagang Memasuki Area Kampus

PADANG (DKTV)

Gerbang kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, ditutup sementara pada saat pelaksanaan wisuda ke-88 berlangsung pada hari ke dua. Hal tersebut dilakukan untuk meminalisir padatnya kendaraan dan pedagang memasuki area kampus.

Salah seorang Satuan Kemanan (Satpam) kampus, Dasman mengatakan, pihak kemanan tidak memberikan izin bagi kendaraan wisudawan yang ingin parkir di area Kampus dan juga para pedagang kaki lima.

“Banyaknya komplain dari para peserta wisuda akibat adanya biaya parkir yang mahal, oleh karena itu hari ini dan besok gerbang akan ditutup saat acara berlangsung hingga selesai, jika di biarkan masuk maka pimpinan seperti Rektor dan Senat akan susah untuk keluar kampus ,” ujarnya

Dasman juga menyampaikan Penutupan gerbang ini akan terus berlanjut hingga hari terakhir wisuda. Namun karena besok ada perkuliahan berlangsung, ini akan di koordinasikan lagi dengan kepala bagian.

Dasman berharap, dengan ditutupnya gerbang kampus, tidak terjadi lagi kemacetan dikarenakan gerbang kampus II UIN IB Padang hanya mempunyai satu gerbang.

Sementara itu, salah seorang pedagang kaki lima
Rio Handika menyampaikan, keberatan dengan adanya kebijakan penutupan gerbang kampus tersebut. Menurunnya 40% omset penjualan dibandingkan dengan pelaksanaan hari pertama wisuda ke-88.

“Tidak hanya para pedagang saja bahkan juga merugikan masyarakat umum oleh kebijakan penutupan gerbang itu,” ujarnya

Rio Handika juga menyampaikan, seharusnya pihak kampus sudah mempersiapkan resiko yang terjadi, sehingga tidak mengecewakan para pedagang dan tamu undangan Wisudawan karena ini acara yang sangat penting.

“Harusnya menyediakan tempat atau space dalam satu titik untuk pedagang sehingga tidak ada perselisihan antara pedagang dengan keamanan kampus”, tegasnya.

Rio berharap, agar gerbang kampus tetap dibuka tapi ditata di mana tempat jualan dan tempat parkiran sehingga tidak menyebabkan kemacetan. (Bib)

Wartawan: Irvanzul (Mg), Maulina, Azzahra (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *