Studi Banding, Meningkatkan Ukhuwah dan Menyinergikan Kualitas

Studi Banding, Meningkatkan Ukhuwah dan Menyinergikan Kualitas

Padang (DKTV)

Ulul Albab harus mengikhtiarkan pikiran yang kritis, kreatif, dan kontemplatif untuk menguji, mempertanyakan, mengkritik, serta mengimajinasikannya. Untuk bergerak maju, perlu mempunyai imajinasi masa depan agar, tidak terjebak dalam sikap reaktif yang menyita energi.

Demikian penyampaian ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kajian Studi Islam (KSI) Irfan Fernando dalam pembukaannya pada kegiatan studi banding Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Izzah UIN Sumatera Utara ke LDK KSI Ulul Albab UIN IB Padang, pada Jum’at (02/12).

Kegiatan ini melibatkan keluarga besar KSI Ulul Albab dan LDK Al-Izzah dari UIN Sumatra Utara. Dengan jumlah peserta dari LDK Al-Izzah 20 peserta dan 2 orang pembina akhwat dan ikhwan sementara dari KSI Ulul Albab terdapat 20-30 orang peserta.

Kegiatan yang bertemakan “Ahlan wa sahlan” ini merupakan bentuk kata sambutan terhadap tamu kita dari Sumatera Utara yang sedang melakukan studi banding ke Sumatera Barat.

Ketua UKM KSI juga mengatakan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai bentuk sambutan, sebagai tuan rumah dalam menyambut undangan dari UIN Sumatra Utara dengan sambutan terbaik.

Lanjutnya, Kegiatan studi banding merupakan perdana diadakan dengan sebutan Jaulah bentuk silaturahmi kampus ke kampus lainya.

Dalam mekanisme pelaksanaan acara, terdapat sharing session mengenai KSI dan LDK dari UIN Sumatra Utara yang akan dipandu langsung oleh ketua umum masing-masing dan diakhir akan ada diskusi bersama mengenai program-program kerja.

Kemudian ia, mengatakan, dalam kegiatan ini tidak ada pembentukan panitia, hanya ada departemen dalam hal ini yaitu departemen daerah Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bertugas dalam acara KSI Ulul Albab sebagai pengurus Pusat Koordinator Daerah (PUSKOMDA).

Selain itu, ia menuturkan bahwa acara ini diadakan antar LDK saja dan partner Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Sumbar, yang mana juga selalu membackup semua kegiatan LDK ataupun KSI di Sumbar.

“Dalam persiapan menyambut Para peserta LDK Al-Izzah dari UIN sumatra Utara, mereka juga melakukan studi banding di dua tempat yaitu Universitas Negeri Padang (UNP) dan UIN IB Padang,” tutupnya

Irfan berharap, semoga kita bisa menjalin komunikasi dengan baik terutama dengan tamu kita yang datang dari luar. Meningkatkan ukhuwah, serta dapat berbagi pengetahuan dari mereka begitupun sebaliknya.

“Walaupun terdapat perbedaan Universitas dan wilayah diharapkan, kegiatan ini dapat menjalin silaturrahim, mengikat ukhuwah dan tetap terjaganya hubungan dalam melakukan studi banding,” harapnya. (Bib)

Wartawan: Asifa Rahma Dini (Mg), Regina Maharani (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *