KMD 2022, Digelar Secara Mandiri

PADANG (DKTV)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Pramuka Rancana Imam Bonjol -Rohana Kudus Universitas Islam Negri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasat (KMD) 2022, dengan menggunakan dana murni dari dana mandiri Racana Imam Bonjol- Rohana Kudus.

Sesuai Surat Keterangan (SK) kegiatan akan dibuka langsung oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang dan dihadiri oleh Wakil Rektor III, seluruh Dekan UIN IB, Kwartir daerah 03 Sumbar, Purna Racana Imam Bonjol Rohana Kudus juga perwakilan dari seluruh UKM Kampus.

Kegiatan KMD yang digelar oleh UKM Pramuka UIN IB Padang, telah vakum selama 3 tahun. Kali terakhir diadakan pada tahun 2018.

Hal ini dikatakan langsung oleh ketua panitia KMD 2022, Abdullah Ammar dalam wawancaranya bersama tim DKTV pada Sabtu, (10/12).

Lanjutnya, untuk narasumber didatangkan langsung dari Pusdiklatda (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Daerah) 03 Kwartir Daerah (Kwartir) Sumbar.

kegiatan ini berlangsung selama enam hari, tiga hari bertempat di Aula Mansur dan tiga hari lagi bertempat di lapangan Kwarda 03 Sumbar.

“Kegiatan pelatihan nantinya berlangsung di Aula Mansur selama enam hari, dengan mempelajari tentang teori dasar kepramukaan dan di Lapangan Kwarda yaitu materi outdoor juga praktek ilmu kepramukaan,” ujarnya.

Tambahnya, Panitia kegiatan ini sebanyak 20 orang yang langsung dibentuk oleh Dewan Racana dari anggota Racana. Persiapan kegiatan ini selama 2 bulan dan sejauh ini persiapan sudah mencapai 80%.

“Kendala yang kami hadapi sekarang banyaknya dari panitia yang sedang dalam masa Ujian Akhir Semester,” ungkapnya.

Untuk Target peserta dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang dan sejauh ini peserta yang telah mendaftar sebanyak 37 orang dan pendaftaran akan ditutup pada Senin (12/12).

“Pendaftaran bisa langsung ke sanggar bakti pramuka UIN IB padang secara offline, juga bisa secara online melalui link yang telah disebarkan,” tuturnya.

Ketua Panitia KMD 2022 juga menyampaikan untuk insert pendaftaran sebesar 600 ribu, bagi peserta nantinya akan mendapatkan benefit baju kegiatan, topi kegiatan, makan dan snack, ATK, ijazah, dan disediakan tenda.

Abdullah Ammar berharap, semoga dengan KMD ini bisa melahirkan pembina yang berkualitas, kreatif, dan inovatif sehingga menjadikan pramuka di Sumbar semakin eksis dan menjadikan pramuka sebagai salah satu upaya, dalam memperbaiki karakter anak bangsa. (Bib)

Wartawan : Thoriq Muhammad

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *