Kemampuan Akademik dan Manajemen, Penting Bagi Mahasiswa

PADANG (DKTV)

Mahasiswa akan sukses jika disiapkan dengan program yang tepat, diasuh dengan profesional serta melaksanakan kegiatan riang gembira.

Demikian penyampaian bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Welhendri Azwar, membuka Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut (PKML 2022) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang.

Welhendri Azwar menyampaikan, pelatihan ini sedikit terlambat diadakan karena kegiatan ini harus dirancang terlebih dahulu sehingga terdapat beberapa kendala yang terjadi “seperti menghubungi narasumber dan menyusun acara yang akan dilaksanakan,” ucapnya.

Lanjutnya, Kemampuan bernarasi dan literasi merupakan kemampuan akademik, sedangkan leadership adalah kemampuan manajemen. Keduanya penting, mengurus orang lain juga harus mampu mengurus diri.

“Dikepemimpinan nasional akan diseleksi terlebih dahulu, dengan membuat artikel sebagai syarat lulus dalam seleksi, juga dapat memberikan pembinaan kepada peserta agar dapat terlaksana dengan sebaiknya,” ujar Welhendri Azwar.

Welhendri Azwar juga mengatakan, mahasiswa sebenarnya diperbolehkan melaksanakan kegiatan pada malam hari, namun harus ada pengawasan dan dampingan yang menjamin keselamatan mahasiswa.

“Bedanya kegiatan mahasiswa dengan gerakan aksi mahasiswa yaitu ditopang dengan narasi yang harus berbobot, bukan sekedar ikut ikutan tanpa memahami maksud dan tujuan dari gerakan aksi mahasiswa tersebut, mahasiswa harus bisa mengeluarkan narasi yang berkualitas dan diperkuat dengan literasi,” ungkapnya.

Tambahnya, aksi gerakan mahasiswa merupakan hal yang wajar karena menuntut hak dan mengkritisi kampus, memiliki tujuan agar menjadi bahan evaluasi agar terjadi perubahan. Namun harus diiringi dengan tujuan yang jelas dan narasi yang berkualitas bagi mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya.

Welhendri mengungkapkan ada beberapa program strategis 2023, yang akan dilaksanakan seperti melaksanakan kegiatan kemampuan dalam literasi bagi mahasiswamelaksanakan kompetensi kemampuannya berbahasa Inggris

Welhendri berharap, semoga kedepannya dapat membenahi kelemahan yang terjadi dan bagaimana membuat berbagai perbaikan juga perubahan lebih baik untuk Universitas.

“Mudah mudahan ditahun 2023, kita berharap mahasiswa menjadi pionir dan contoh bagi mahasiswa yang lain agar terpacu untuk maju,” harapnya. (Bib)

Wartawan: Elva Rina

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Kemampuan Akademik dan Manajemen, Penting Bagi Mahasiswa

  1. Mudah mudahan ditahun 2023, kita berharap mahasiswa menjadi pionir dan contoh bagi mahasiswa yang lain agar terpacu untuk maju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *