Mahasiswa Dituntut Sebagai Agen Of Change

PADANG (DKTV)

Mahasiswa harus memilki tanggung jawab intelektual atau sebagai agen of change yang akan membawa perubahan yang lebih baik kedepannya.

Demikian penyampaian Rahmat Tk Sulaiman dalam paparan materinya pada kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut ( PKML 2022 ) yang dilaksanakan di gedung Aula Mansur UIN Imam Bonjol Padang pada , Jumat (23/12).

Dalam kesempatan ini Rahmat menjelaskan bahwa, di dalam diri seorang Mahasiswa melekat banyak status sebagai Mahasiswa, anggota keluarga dan orang yang bernegara ini merupakan peran yang besar.

Lanjutnya, Mahasiswa itu dikenal memiliki idealisme yang tinggi dan mendengarkan aspirasi masyarakat atau garda terdepan, yang menyuarakan aspirasi masyarakat sebagai mahasiswa dan sebagai sosial control.

“Masalah- masalah agama dan bangsa dari peserta yang ada di era mahasiswa sekarang seperti, bullying, korupsi, diskriminasi, kenakalan remaja, kekerasan, RKUHP, krisis moral, kerusakan alam, dan Hutang negara,” ujarnya.

Tidak hanya itu Ia juga mengatakan bahwa, proses tranformasi perpindahan peran mahasiswa sebagai peletak dasar-dasar dalam sebuah Universitas, revolusi menghilangkan semua nya dan memulai dari baru. proses reformasi kembali membuat perubahan lebih baik.

Dalam hal ini diharapkan mahasiswa memiliki keberanian dalam menyampaikan aspirasi- aspirasi dari masyarakat untuk melakukan perubahan perubahan. Dan mahasiswa sebagai agen of change mampu memberikan peningkatan, perubahan, perbaikan di tengah- tengah masyarakat.

“Mahasiswa harus ada aksi dan berfikir intelektual agar masyarakat dan Pemerintah bisa merubah midsetnya. Dan mahasiswa harus berfikir lebih luas, aktif dan mampu memberikan solusi,” ucap Rahmat dalam materinya itu.

Dalam kesempatan ini, Rahmat juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan kebutuhan mahasiswa agar dia mempunyai jiwa Kepimpinan yang baik. Mampu memimpin organisasi kemahasiswaan karena memang diharapkan Mahasiswa mengenali dirinya dengan tugas dan tanggung jawab yang harus dia tampilkan ini perlu di isi dengan pengetahuan kepimpinan

Ia mengingatkan tentang kepeduliannya melalui organisasi sehingga manusia tidak berfikir picik dan sempit ketika mahasiswa juga mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar

Rahmat berharap, mahasiswa harus mampu meningkatkan perannya lagi, karena sebagai mahasiswa juga membutuhkan inspirasi- inspirasi yang membuat mereka terdorong untuk berproses. (LN)

Wartawan: Irvan Mufadhdhal (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *