Bisnis Kos-kosan, Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sungai Bangek

Padang (DKTV)

Ketersediaan kost bagi mahasiswa kampus III Sungai Bangek, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang. Mengalami peningkatan pengadaan pembangunan pada tahun sebelumnya.

Pasca adanya kepindahan fakultas II dan juga telah melaksanakan perkuliahan secara luring dikampus III, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan berbisnis membangun kost bagi mahasiswa, Senin (26/12).

Salah seorang pemilik kost di Sungai Bangek, Siska mengatakan dengan kepindahan mahasiswa ke kampus III, membuat ketersediaan kos yang dulunya sangat kurang. Sekarang banyak penambahan dan ramainya pembangunan kost.

“Untuk pengadaan kosan di sungai bangek dan sekitar kampus kebanyakan kosan cewek,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, untuk kisaran harga kost sudah disepakati saat melakukan rapat bersama Rukun Tetangga (RT) Rukun Warga (RW), para pemilik kost dan dewan pemuda, yaitu sebesar 250-350 ribu.

Senada dengan itu pemilik kost, Yos mengatakan, menanggapi kepindahan mahasiswa, juga melakukan penambahan pembangunan kost.

Lanjutnya, untuk harga kosan yang di tetapkan berkisar 1,5 jt per semester, termasuk air dan WiFi sudah disediakan.

“Semoga keamanan nantinya terjaga dan terjamin, karna dimana ada keramaian pasti marak kejahatan jadi semoga nanti nya terhindar dari hal-hal seperti itu,” harapnya.

Sementara itu, Salah seorang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Farhan Paslah menyampaikan, dari awal mendapatkan informasi terkait akan dilaksanakan perpindahan Fakultas FDIK ke kampus III. Sudah melakukan survei kost yang berada di Sungai Bangek.

“Untuk kendala dalam mencari kost, kebanyakan menyediakan untuk mahasiswi,” ujar Farhan Paslah.

Ia juga menambahkan, untuk mencari kost-kostan di Seiba, tidak sulit seperti dulu lagi sudah banyaknya bangunan kost baru siap untuk ditempati.

Farhan Paslah berharap, semoga kedepannya dalam pembangunan kost di Sungai Bangek. Agar diperbanyak lagi kost an untuk mahasiswa. (Bib)

Wartawan: Lila Nasution, Habib Jatmika Imam.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *