Perpustakaan UIN IB, Mengalami Lonjakan Signifikan

PADANG (DKTV)

Perpustakaan menyediakan kebutuhan dasar bagi pembelajaran serta pengembangan kebebasan budaya bagi mahasiswa maupun dosen dengan jumlah pengunjung yang meningkat disetiap tahunnya.

Demikian yang dikatakan oleh Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) perpustakaan pusat Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Fauzi dalam wawancaranya bersama wartawan DKTV pada Senin (26/12).

Dalam wawancara tersebut Fauzi menjelaskan, berdasarkan data kehadiran jumlah mahasiswa yang berkunjung di tahun 2021 sebanyak 3.978, pegawai sebanyak 215 dan untuk dosen tidak ada yang berkunjung.

Lanjutnya, sedangkan di tahun 2022 ada peningkatan yang signifikan oleh pengunjung. Dari mahasiswa sendiri ada 47.271 orang, dosen sebanyak 24, dan pegawai karyawan sebanyak 1.166, jadi total dari pengunjung perpustakaan pusat di tahun 2022 ada sebanyak 48.461 orang.

“Kita membutuhkan data kehadiran dari pengunjung karena ini sangat berpengaruh untuk kalkulasi penghitungan data di perpustakaan,” ujar kepala UPT tersebut.

Pengunjung perpustakaan mulai ramai kembali itu di tahun 2022, karena sudah tidak adanya covid-19 dalam menghambat kegiatan pembelajaran mahasiswa. Dan untuk rata-rata yang mengunjungi dari Mahasiswa Baru yang sudah bebas meminjam buku.

Ia, juga menyebutkan bahwa beberapa fasilitas baru sudah disediakan untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, seperti ruang khusus dosen untuk melakukan pembimbingan tugas akhir bagi mahasiswanya dan sosialisasi pembelajaran komputer.

Kendati demikian ia juga menyampaikan, buku yang lebih di minati para pengunjung adalah buku non fiksi karena kebanyakan mahasiswa yang datang ke perpustakaan dengan tujuan untuk membuat tugas makalah, resume dan menyelesaikan skripsinya.

“Buku-buku yang ada di perpustakaan kebanyakan bantuan dari donasi universitas, dana anggaran dan juga dari karyawan universitas yang sudah pensiun,” jelasnya.

Fauzi berharap, untuk kedepannya semua mahasiswa lebih aktif mengisi kotak saran yang kami sediakan guna melengkapi buku yang diperlukan dan semoga di semester genap besok perpustakaan ini lebih ramai lagi pengunjungnya.

Sementara itu, mahasiswa Hukum Keluarga (HK) Novra Gunawan yang mengatakan bahwa fasilitas yang disediakan sudah memadai hanya saja yang kurang disini terletak pada buku-bukunya. “Buku disini terbatas, terlihat dari banyaknya buku lama dan sedikitnya buku baru yang ada,” tuturnya.

Gunawan berharap, untuk kedepannya buku yang disediakan lebih dilengkapi lagi agar minat pembaca dari mahasiswa semakin banyak dan pengunjung yang datang pun lebih tertarik untuk masuk ke perpustakaan ini. 

Lain halnya dengan, mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling (BK) Nur Aisyiah menuturkan perpustakaan pusat UIN IB sangat terbatas dalam menyediakan fasilitas dan ruangan yang ada sehingga mahasiswa mengalami kesulitan saat berkunjung.

“Agar pihak kampus bisa melakukan tindakan terhadap permasalahan ini dan menambahkan fasilitas perpustakaan, bagi mahasiswa demi kenyamanan saat membaca buku,” (Bar)

Wartawan: Asifa Rahma Dini (Mg), Maurizka (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *