Meski Kampus Sepi, Satpam Tetap Menjaga keamanan

Padang (DKTV)

Libur serta sepinya kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol padang, bukan alasan bagi Satuan pengamanan (Satpam) UIN IB untuk mengurangi pengamanan kampus.

Masa liburan semester ganjil hampir tiba, komplek kampus UIN IB Padang nampak tak seperti biasanya. Meskipun begitu, Satpam kampus dengan penuh dedikasi dan integritas tak kenal lelah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan UIN IB Padang

Salah seorang Satpam kampus Yus Andri, mengatakan saat libur semester Satpam tetap bertugas, sistem kerja dibagi menjadi tiga dan menggunakan shift. “Ada shift pagi dan shift malam yang dibagi dalam satu grub, berjumlah 5 orang petugas,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam tiga grub tersebut mekanisme pelaksanaan kerja, shift pagi dilaksanakan dua hari dimulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai 20.00 WIB malam. Untuk shift malam dimulai dari 20.00 WIB malam hingga 08.00 WIB pagi juga dilaksanakan dua hari dan dihari selanjutnya libur selama dua hari.

Tambahnya, saat libur Satpam memiliki kewajiban pengambilan absen di jam 06.00 WIB pagi. Pengambilan absen tidak dilaksanakan melalui online karena absen harus setor wajah dan sidik jari.

“Jatah cuti untuk satu orang ada 12 hari dalam 1 tahun, bisa di ambil dalam 1 bulan itu 1 hari, dan juga bisa di ambil 4 hari dalam 1 bulan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, tidak adanya cuti tambahan untuk lebaran atau hari besar lainnya, apabila lewat selama 12 hari mengambil cuti, maka akan dikenakan teguran dan sanksi.

Terkait mekanisme Satpam kampus bertugas, dulu dilaksanakan selama 24 jam dan di hari besoknya Satpam libur.

“Pembina securty dan juga anggota polri berpendapat kalau 24 jam kerja itu terlalu lelah dan setelah 20 jam berlalu, akan membuat jenuh dan takut nya banyak kejadian yang tidak di inginkan terjadi, maka dari itu sistemnya ditukar,” tutupnya. (Bib)

Wartawan: Asifa Rahma Dini (Mg), Annisa Mardiah Fajrika (Mg), Maurizka Hidayan (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *