Pucuk Dicinta Ulam Pun Tiba, DKTV Untuk Pasaman Land Of Equator

PADANG (DKTV)

Pengembangan kota wisata melalui media sosial, DKTV UIN Imam Bonjol Padang lakukan kerjasama dengan (PEMDA) Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman. Beberapa kegiatan direncanakan dalam bentuk pembuatan film dokumenter, video profile dan Sosialisasi Wisata melalui media sosial.

DKTV UIN Imam Bonjol Padang sebagai pilot project kegiatan, rencananya langkah awal yang akan diambil ialah melakukan sosialisasi tentang pentingnya media sosial untuk peningkatan pariwisata Kab.Pasaman. Target audiens dari kegiatan ini ialah siswa SMP/MTS dan SMA/SMK/MAN yang ada di Kab. Pasaman.

Kegiatan yang diberi nama DKTV Goes to school ini bertemakan “Pemanfaatan Media Sosial Menuju Pasaman Land Of Equator”. Pasaman sebagai garis khatulistiwa merupakan ikonik dari Sumatera Barat khususnya Kab.Pasaman.

Wakil bupati Pasaman, Sabar AS menyambut baik kedatangan Tim DKTV UIN Imam Bonjol Padang di Kantor Bupati Pasaman Lubuk Sikaping (25/01). “Pucuk dicinta ulam pun tiba”.

Ia menyampaikan Potensi wisata yang ada di Pasaman sangat beragam, meliputi wisata sejarah yang terkenal dengan Tuanku Imam Bonjol, wisata edukasi astronomi yang terkenal dengan Equator, Wisata religi dan sebagainya.

“Wisata-wisata yang ada memiliki pontensi nya masing-masing dan kita berharap nantinya siswa-siswi kita bisa ikut berkontribusi mempublikasikan wisata yang beragam melalui media sosial,” harapnya.

Pembina DKTV UIN Imam Bonjol Padang, Bahrul Ulum mengatakan tujuannya dan tim berkunjung ialah menjalin kerjasama dengan Pemda Pasaman, sekaligus meminta arahan agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan tujuan (goals) dari kegiatan dapat tercapai dengan baik.

Lanjutnya, kegiatan sosialisasi DKTV UIN Imam Bonjol Padang ke sekolah-sekolah di Pasaman ialah mengajarkan siswa-siswi cara bermedia sosial yang bermanfaat bagi pariwisata yang ada di Pasaman.

“Yang biasanya anak-anak SMP-SMA pergi ke tempat wisata update status dimedia sosial dengan caption emoticon saja, berubah menjadi wisata yang memberikan menfaat sembari menulis informasi wisata tersebut ke khalayak.” ujar Bahrul Ulum.

Sementara itu, Direktur Utama DKTV UIN Imam Bonjol Padang Ahmad Syauqi menjelaskan program DKTV Goes to school yang bertemakan “Pemanfaatan Media Sosial Menuju Pasaman Land Of Equator”, sudah dirancang sejak tahun 2022.

Ia menyampaikan tim yang terjun kelapangan terdiri dari Pembina DKTV Bahrul Ulum, Direktur Pemberitaan (News) Habib Jatmika Imam, Direktur Pengawasan dan Pengembangan Irna, Kepala Bagian (Kabag) Multimedia Devra Dwi Cahaya, dan Kepala Pusat (Kapus) Pengendalian Faza Mutia.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan diakhir Januari hingga awal Februari mendatang. Sedangkan untuk sekolah-sekolah yang akan di targetkan sekitar 11 sekolah di Kabupaten Pasaman.

“Insyaallah akan ada 11 sekolah yang akan menjadi target nantinya, sekolah-sekolah tersebut akan disampaikan nantinya.” tuturnya.

Ahmad Syauqi berharap kegiatan ini bisa menimbulkan dampak besar terhadap pariwisata yang ada di kabupaten Pasaman, dengan meningkatnya nilai pariwisata juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pariwisata. (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika Imam

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *