Empat Kata Kunci Bagi Ormawa, Dihari Pertama Up Grading Ormawa

PADANG (DKTV)

Hari pertama pelaksanaan Up Grading Pembekalan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan, membahas Paradigma Baru Ormawa UIN Imam Bonjol Padang. Kegiatan di laksanakan di Aula Mansur, Kampus II UIN IB Padang Lubuk Lintah.

Hadir sebagai narasumber pertama, Nurus Shalihin menyampaikan materi dengan empat kata kunci yaitu narasi, literasi, aksi dan kolaborasi

“kalo pak Welhendri tadi menyampaikan kata sambutan dengan tiga kata kunci narasi, literasi, aksi dan Aksi kita tambah dengan Kolaborasi,” ucapnya.

Lanjutnya, ditahun 1995 seorang mahasiswa yang berani berbicara dan aktif dalam berbicara adalah orang yang sukses disaat itu.

“Namun salah satu kesuksesan hari ini adalah orang mampu adaptasi, yang bisa mengendalikan diri,” sambungnya.

Tambahnya, mahasiswa saat ini lahir di jaman reformasi, tantangan nya adalah teknologi, karena di Jaman sekarang orang menghandlakan apa yang bisa menghasilkan.

Ia, juga menyampaikan, dimasing-masing lembaga organisasi harus punya narasi, karena apabila kuat di narasi maka akan kuat dalam wancana.

Begitu juga dengan literasi, sumber dari narasi terbangun ketika ada literasi, pandai membaca dan kemampuan mendengar yang paling penting “kata teman saya menyanyi itu gampang, tapi yang sulit mendengarkanmya artinya kemampuan dalam mendengar,”terangnya.

Poin kata kunci aksi, adalah gagasan yang harus mempunyai di setiap masing-masing UKM harus dan apakah gagasan ini punya literasi.

“Makan kerja tidur kerbau juga bisa, karena tidak punya gagasan bedanya dengan manusia punya gagasan,” tuturnya.

Ditengah penyampaian materi, pemateri memberikan waktu selama satu jam untuk berdiskusi dengan lembaganya masing-masing untuk mendiskusikan tentang gagasan (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Akbar Nasution

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *