Renstra dan Berkolaborasi, Syarat Tercapainya Tujuan UKM

PADANG (DKTV)

Hari kedua up Grading pembekalan pengurus organisasi kemahasiswaan fokuskan pembahasan mengenai gagasan UKM dalam memajukan UIN Imam Bonjol Padang

Dalam hal ini Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Nurus Shalihin menjelaskan bahwa masing-masing UKM harus mempunyai gagasannya masing-masing sebagai gollden dari UKM tersebut.

Lanjutnya, dalam mencapai gagasan masing-masing UKM, seluruh UKM harus sejalan dan saling mendukung untuk mencapai tujuan tersebut.

“Untuk itu kami mengumpulkan pengurus UKM disini agar bisa menjelaskan apa saja gagasan mereka,” ujar Dekan FSt tersebut.

Tambahnya, kolaborasi diantara sesama UKM sangat penting karena UKM memiliki tujuan yang sama dengan UIN IB Padang. oleh karena itu setiap UKM jangan hanya membuat kegiatan untuk mereka sendiri tapi harus memberikan dampak yang besar untuk UIN IB Padang.

Sementara itu Miftahul Khairi juga sebagai pemateri dalam kegiatan Up Grading pembekalan pengurus organisasi kemahasiswaan juga mengatakan bahwa, dalam organisasi sangat penting adanya identifikasi pemetaan dan rancangan strategis organisasi mahasiswa.

“Dalam organisasi harus ada Rencana Strategi (Restra) yaitu pembesaran, pengayaan, pemberdayaan, perubahan, pencerahan,” ujarnya.

Lanjutnya, Restra adalah dokumen perencanaan yang berorientasi pada hasil yang di ingin di capai dengan jangka waktu, yang didalamnya dijelaskan mengenai strategi atau arahan sebagai dasar dalam menjalankan organisasi.

“Renstra bertujuan sebagai acuan dan pedoman dalam mengoperasionalkan rencana kegiatan atau program kerja dan sebuah organisasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” ucap Miftahul Khairi dalam materinya.

Tambahnya, ada beberapa kajian kondisi umum yang harus diperhatikan yaitu : Finansial keuangan, Sumber daya manusia, Fisik, Sosial politik dan budaya, Alam

Dalam mengidentifikasi masalah secara umum terbagi jadi dua yaitu identifikasi masalah dan identifikasi potensi. Dalam identifikasi masalah ada dua yaitu masalah internal dan eksternal. Begitu juga dengan identifikasi potensi, terbagi dua yaitu potensi internal dan eksternal.

Miftahul Khairi berharap agar nantinya masing-masing UKM bisa membuat Rencana Strategi agar tujuannya bisa tercapai. (Bar)

Wartawan: Akbar NST

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *