Dibincangkan Di Luar Negeri, Arab Saudi Incar UIN IB Padang Sebagai Jajakan Kerja Sama

PADANG (DKTV)

Kunjungan Kementerian pendidikan Arab Saudi ke UIN Imam Bonjol Padang sukses digelar, agenda dimulai dari awal penjemputan tim protokoler UIN IB Padang berlanjut dengan kegiatan kunjungan yang dilaksanakan di Gedung J kampus III Sungai Bangek dan berakhir dengan penamaan pohon.

Dalam kata sambutan kunjungan yang dilaksanakan di Gedung J, Rektor UIN IB Padang Martin Kustati menyampaikan, sangat mengapresiasi berbagai langkah yang dilakukan oleh Arab Saudi dengan mengunjungi 29 Universitas yang ada di Indonesia, termasuk UIN IB Padang menjadi salah satunya.

“Untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama Akademik, kami akan melaukan Student Mobilty yaitu akan melakukan pertukaran pelajar untuk memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa,” ucapnya.

kemudian juga kolaborasi sumber daya manusia, yang memiliki potensi keagamaan dan memiliki kemampuan bahasa Arab, juga bahasa Indonesia yang bisa menjadi pertukaran para Dosen yang ada di Arab Saudi dan juga bagi UIN IB Padang.

“Juga terdapat riset kolaborasi, pengembangan fasilitas pendidikan Islam yang mendukung pada pengembangan pendidikan Islam yang sesuai dengan kedua negara,” jelasnya.

Dalam momentum ini Martin Kustati menyampaikan harapan dalam pengembangan potensi bahasa asing, khusus nya Bahasa Arab.

“Sekali lagi kami ucap kan terimakasih telah memilih UIN imam Bonjol Padang, sebagai destinasi akademik di Sumatra barat, dan dengan ini juga menjadi pintu bagi UIN Imam Bonjol Padang sebagai awal pertemuan untuk kerja sama selanjutnya,semoga atas izin Allah kita bisa melakukan kunjungan balasan ke Arab Saudi,” tuturnya

Sementara itu dalam kata sambutan Mentri Kerja Sama pendidikan Arab Saudi
Arab saudi, Abdurrahman Al Amri mengatakan, memberikan biasiswa untuk 25.000 Mahasiswa dari 170 negara Setiap tahunnya. lebih dari 500 ribu mahasiswa yang mendaftarkan diri ke Arab Saudi untuk belajar.

“Karena hubungan Arab Saudi dengan Indonesia yang kuat maka diberikan kesempatan yang luas untuk Indonesian belajar di Arab Saudi dengan meningkatkan kuota setiap tahunya menjadi 700 mahasiswa kuota untuk Indonesia,” ujarnya.

Lanjutnya, Mahasiswa akan mendapat kan biasiwa full juga mendapatkan uang saku, begitu juga waktu libur mendapatkan tiket pulang pergi untuk mengunjungi keluarga.

“Telah dibuat khusus web untuk mendaftar di Arab Saudi dengan judul belajar di Arab Saudi melalui web ini seorang pelajar bisa mendaftar di Arab Saudi dan apabila di web itu sudah diterima maka bisa langsung mengajukan visa,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan sangat berbangga jika mahasiswa bisa mendaftar kan dirinya disana dan dengan kunjungan ini diharapkan akan memperkuat hubungan dengan Arab Saudi, dan nanti akan dibahas dengan rektor UIN IB tentang poin-poin yang bisa di kerjasamakan.

“Kita berharap agar bisa saling mewujudkan impiannya dan bisa saling memahami antar sesama,” harapnya. (Hbr)

Wartawan: Akbar NST

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *