Peringatan Dini BMKG: 11 Wilayah Sumbar Berpotensi Hujan diikuti Petir dan Angin kencang

DKTV (PADANG)

Badan Meteorologi, Klimatolog dan Geofisika (BMKG), peringatan dini cuaca di Sumatera Barat (Sumbar) yang nantinya akan hujan intensitas diikuti petir serta angin kencang.

Terdapat 11 titik yang akan terkena pontensi tersebut. Yang diantaranya Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya dan Solok Selatan

Disimak dari laman BMKG. go.id
“Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore hari di wilayah Pasaman Barat. Pada malam hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan dan sekitarnya” catatan peringatan dini BMKG

Sementara itu, prakiraan cuaca BMKG di Padang siang nanti akan cerah berawan, malam hujan ringan dan dini hari nanti berawan.

Tidak hanya SUMBAR, namun BMKG juga peringatan dini dari sebagian besar wilayah di Indonesia. Dikutip dari sumbar.antaranews.com hujan lebat juga akan mengairi Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Di belahan lain wilayah Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menempuh potensi hujan lebat.

Perihal ini akan berpotensi hujan lebat dengan curah hujan melebihi dari 50 milimeter di sebagian wilayah provinsi di Indonesia pada hari ini.

Curah hujan lebat, dikuti dengan angin akan mengakibatkan banjir yang akan terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. (Bib)

wartawan: Irvan Mufadhdhal (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *