UKM Kaligrafi Akan Berkolaborasi Bersama Sanggar Al-Aqlam Pada Diklat Kaligrafi 2023-2024

Padang (DKTV)

Open Diklat Kaligrafi 2023-2024, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kaligrafi UIN IB Padang bersama Sanggar Al-Aqlam lakukan kolaborasi dalam melaksanakan pelatihan khusus kemahiran menulis, sesuai kaidah dalam seni kaligrafi dan mempersiapkan kader untuk event perlombaan yang akan datang.

Diklat Kaligrafi kolaborasi UKM Kaligrafi dan Sanggar Al-Aqlam 2023-2024, dibuka dari tanggal 6 Maret hingga 21 Maret 2023.

Ketua panitia (Ketupat) Diklat Kaligrafi 2023-2024 Nofrizal Afandi mengatakan, sementara ini kegiatan Diklat fokus pada pelatihan, dalam artian pelatihan kusus yang menekankan kepada kemahiran menulis indah dan baik yang sesuai dengan kaidah khat.

“Karena pelatihan ini titik fokus dari UKM kaligrafi, maka pelatihan ini akan berlanjut hingga akhir semester,” sambungnya.

Lanjutnya, kegiatan ini ditujukan untuk mempersiapkan kader-kader mahasiswa UIN agar dapat berkompetisi pada event-event yang ada di dalam maupun diluar Kampus.

“Seperti, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) kabupaten dan Provinsi, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Se-sumatera dan event Pesona,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini bukan hanya sekedar pelatihan, karena nantinya akan berlanjut pada event seperti pameran kaligrafi, seminar nasional kaligrafi dan masih banyak lagi.

Dengan adanya kegiatan ini UKM kaligrafi akan berusaha berkontribusi untuk UIN IB dalam memberikan prestasi yang telah dicapai.

Kendati demikian, Ia menjelaskan bahwa diklat ini rutin diadakan setiap tahun, untuk tahun ini, pelatihannya ditekankan kepada anggota pelatihan tahun sekarang untuk selalu aktif berkaligrafi.

“Dan pelatihan tahun ini akan kami ikut sertakan dalam event perlombaan dan kewirausahaan jasa dan barang kaligrafi nantinya,” jelasnya.

Tambahnya, untuk rangkaian acaranya belum ditentukan hanya saja untuk mengawali kegiatan ini nantinya, akan dibuka langsung oleh pembina UKM kaligrafi sendiri, Muhapril Musri.

Sejauh ini persiapan dari panitia dalam fase rekrutmen anggota yang akan dilatih dalam kegiatan diklat besok, dan untuk peserta k mendaftar terdapat 20 orang sementara yang mendaftarkan diri.

“Kendala dari panitia mungkin banyak nya mahasiswa yang melihat kondisi berbeda dari kampus, karena kebanyakan dari mahasiswa kuliahnya di kampus III sedangkan Fiklat ini dilaksanakan di kampus II.

Rizal berharap, semoga kedepannya UKM kaligrafi akan selalu berkontribusi untuk UIN IB Padang dan masyarakat sekitar dalam hal seni kaligrafi Islam. (Bib)

Wartawan: Asifa Rahma Dini (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *