Tradisi Marandang Menyambut Ramadan, Pedagang Daging Nagari Air Haji Raup keuntungan Besar

PADANG (DKTV)

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan antusias masyarakat Air haji kecematan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Sumatera Barat),  berbondong-bondong memadati pasar untuk membeli daging Kerbau dalam tradisi marandang sebelum Ramadan.

Kegiatan tradisi Marandang sudah terjadi sejak  dahulu, jelang menyambut 1 Ramadan. Masyarakat lebih banyak berburu membeli daging Kerbau namun tidak hanya itu daging Sapi, Ayam dan Ikan juga ikut turut laris diincar oleh pembeli.

Salah seorang pedang daging, Ises mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya masyarakat lebih dominan membeli daging kerbau dibanding daging sapi.

Lanjutnya, masyarakat berbondong-bondong datang lebih pagi agar kebagian daging, karena pada pukul 09:00 WIB, stok daging di pasar sudah mulai habis.

“Pada tahun ini harga daging kerbau dan sapi tidak memiliki perbedaan yang begitu jauh, berkisar antara Rp.150.000 – Rp.160.000/kg,” ungkap Ises.

Sementara itu, salah seorang pembeli daging kerbau, Masni menyampaikan, agar bisa mendapatkan daging yang lebih segar harus datang lebih awal pagi hari.

“Juga untuk menghindari desak-desakan dengan pembeli yang lain, karena sudah pasti menjelang Ramadan ini dipadati ramai pembeli di Pasar,” tutur Masni.

Selain Pedagang daging yang meraih untung lebih menjelang ramadhan, penjual bumbu masak juga mengalami peningkatan omset dua kali lipat pada hari biasanya.

“Stok untuk bahan rendang menjelang ramadhan ini lebih cepat habis dari hari biasanya dan berkali-kali lipat dari tahun kemarin.” Ungkap Idal penjual bumbu masak.

Pasar juga dipadati oleh pembeli bahan-bahan untuk melaksanakan adat mandi Balimau yang juga merupakan kebiasaan masyarakat untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.

Dari pantuan tim DKTV Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihak kepolisian setempat diturunkan, untuk menjaga keamanan dan tertib Pasar. (Bib)

Wartawan: Afifah Mardiah

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *