Pasar Kuliner Padang Panjang, Menjadi Pusat Berburu Takjil di Hari Pertama Puasa

Padang Panjang (DKTV)

Jelang berbuka puasa hari pertama, Pasar Kuliner Padang Panjang Sumatera Barat (Sumbar) yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang. Dengan berbagai jenis kuliner dan beragam menu berbuka puasa, dipadati masyarakat untuk berburu takjil.

Beragam menu berbuka puasa yang disediakan oleh pedagang Pasar Kuliner Padang Panjang. Diantaranya, cindua ampiang, roti tenong, gorengan, hingga beragam aneka takjil. Di Pasar Kuliner Padang Panjang juga tersedia warung nasi Padang, sehingga masyarakat bisa memilih menu berbuka puasa sesuai selera mereka.

” Penjualan pada hari pertama Ramadhan ini Alhamdulillah lancar, walaupun ada kenaikan harga bahan pokok, harga penjualan juga saya naikan dari yang biasanya,” ungkap salah seorang pedagang takjil, Riki kepada wartawan DKTV di Pasar Kuliner Padang Panjang, Kamis (23/3).

Dikatakan, persiapan yang dilakukan oleh pedagang, pertama-tama adalah menata meja sebagai tempat berjualan hingga menata makanan agar menarik juga rapi dan untuk mulai berjualan, dari pukul 15.00 WIB hingga magrib.

“Masyarakat mulai ramai berkunjung ke Pasar Kuliner pada pukul 16.00 sesudah waktu shalat Ashar, dan keuntungan berjualan di bulan Ramadan tidak begitu besar,” ujarnya.

Riki menjelaskan, saat Ramadan harga bahan takjil di pasar mengalami kenaikan hingga Rp 2.000. Oleh karena itu Riki hanya bisa menaikan harga jual sedikit lebih mahal Rp. 1000 dari harga biasanya, guna masyarakat yang berkunjung tidak kecewa dengan harga jual pada saat ini.

Riki berharap, di bulan suci Ramadan ini rezeki para pedagang di Pasar Kuliner bisa meningkat dari sebelumnya dan para pengunjung bisa bertahan ramai seperti saat ini.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Pasar Kuliner Padang, Yeni mengatakan, pembeli pada bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Karena sebelumnya masyarakat masih takut dengan adanya Covid-19.

“Aktivitas jual beli di pasar kuliner pada bulan Ramadan saat ini lebih nyaman dan leluasa, Hal tersebut dikarenakan sudah meredanya Covid-19 dan telah dicabutnya PPKM oleh pemerintah,” ujar Yeni.

Lanjutnya, harga takjil saat ini tidak jauh berbeda dengan hari biasanya. Yeni berharap para penjual dan pembeli bisa mematuhi peraturan yang dan semoga di bulan Suci Ramadhan ini rezeki nya berkah dan lancar sampai akhir Ramadhan..

Semada dengan itu pengunjung Pasar Kuliner Padang Panjang Ritna juga menyampaikan, kunjungan masyarakat ke Pasar Kuliner sudah sangat ramai.

“Karena banyaknya jenis takjil yang di jual oleh pedagang pasar, ada beberapa masyarakat yang berdesakan saat transaksi jual beli, apagi jika waktu berbuka sudah dekat,” tutur Ritna. (Bib)

Wartawan : Adila Musti Rahmi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *