Novita Sari Rambe Berhasil Ukir Prestasi Perlombaan Pidato Bahasa Arab Se-Sumatera

PADANG(DKTV)

Mewakili jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN IB Padang, juga aktif dalam berkegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bahasa (AUSELL) Novita Sari Rambe berhasil meraih peringkat ke-2 cabang lomba pidato Bahasa Arab pada ajang Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA) X, Ikatan Thalabah Al’araby (ITHLA) Se-Sumatera yang dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa-Aceh.

Kegiatan ITHLA merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Se-Sumatera.

Novita Sari Rambe menyampaikan, kegiatan ITHLA diikuti oleh beberapa UIN dan IAIN Se-Sumatera dengan mengirimkan peserta dari instansi masing-masing dan untuk perlombaan pidato bahasa arab diikuti sebanyak 17 orang peserta.

“Yang ikut dalam lomba pidato Bahasa Arab itu ada 17 orang peserta, dan satu peserta gugur karna tidak hadir, dan sisa 16 orang peserta lagi,” sambung Novita Sari Rambe.

Dalam mempersiapkan sebelum perlombaan Novita melakukan persiapan untuk lomba ini selama 2 minggu, dimulai dengan membuat teks pidato, revisi teks pidato, menghafal teks, memperhatikan gerak tubuh dan siap tampil.

“Persiapannya dimulai dengan mengarang, memahami, menghafal teks pidato, memerhatikan gaya bahasanya sesuai dengan tema yang ditentukan, memerhatikan makhrojnya, memerhatikan gerakan tubuh, intonasi, mimik wajah dan penghayatan agar sesuai dengan apa yang diucapkan, dan tentunya tetap menjaga kesehatan baik pikiran dan jasmani,” ungkap anggota ukm ausell ini.

Tambahnya, saat tampil diperlombaan masih mengalami kendala, seperti melupakan beberapa isi teks, dan gerakan tubuh yang tidak sesuai.
Namun dalam pencapaian target sebelum perlombaan sudah tercapai, karena target berpartisipasi dalam lomba ini adalah salah satu targetnya.

Novita Sari Rambe berharap, semoga keberhasilan yang diraih bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan untuk kedepannya akan terus mengembangkan diri, juga memperbaiki dari kesalahan sebelumnya.

“Semoga keberhasilan yang diraih ini bisa di manfaatkan dengan baik, dan semoga allah membalas semua kebaikan orang-orang yang telah ikut serta dalam membantu, membimbing, mendukung serta mendo’akan saya sampai meraih prestasi ini,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Activity Unit of Students for Education Languages and Literature (AUSELL), Rivo mengatakan, dirinya ikut senang dengan kemenangan yang diraih Novita.

“walaupun anovita bukan mewakili ukm ausell, tapi dia merupakan anggota dan keluarga dari AUSELL, sebagai keluarga kita harus mengapresiasi dan mendukung talenta yang dimiliki oleh anggota kita,” tuturnya.

Rivo menjelaskan, dalam UKM AUSELL juga kerap kali mengadakan dan melakukan partice dengan cara mengadakan debat, pidato, dari latihan-latihan yang di lakukan.

Rivo berharap, semoga kedepannya UKM AUSELL atau dikenal dengan UKM bahasa bisa menjadi pelopor mahasiswa untuk berbahasa asing di UIN IB. (Bib)

Wartawan: Lila Nasution

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *