Hasil Pengumpulan Donasi HMP-PAI, Akan diSalurkan Ke Panti Asuhan

Padang (DKTV)

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN IB Padang, memulai momentum ramadan yang penuh berkah dengan bersedekah melalui open donation santunan panti asuhan, yang telah dibuka pada tanggal 23-31 Maret mendatang dan untuk penyelenggaraan hasil donasi, pada tanggal 01 April 2023.

Kegiatan open donation dilangsungkan dalam rangka meningkatkan ukhuwah dan hubungan sosialisasi antara mahasiswa PAI, dengan masayarakat. Terutama anak-anak panti asuhan.

“Dengan mengusung tema “Mari bersama-sama berbagi kebahagiaan di bulan yang penuh berkah demi mencapai ridha Allah” kegiatan ini memiliki input dan output bagi penyelenggara yaitu mendapatkan amal jariyah atas apa yang diperbuatnya,” ujar Ketua umum (Ketum) HMP-PAI Harif Rahman Suyatno.

Lanjutnya, Harif Rahman Suyatno mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk membantu dan meringankan kebutuhan anak yatim yang ada di panti asuhan dan kegiatan open donation dibulan Ramadan merupakan kegiatan rutin tahunan oleh kepengurusan HMP-PAI.

“Hanya saja, perbedaannya terletak pada rangkaian kegiatannya yang lebih mengutamakan pendekatan demi terwujudnya ukhuwah islamiah sebagai bentuk habluminannas,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, kunjungan ini tidak melibatkan kerjasama dengan pihak manapun hanya terkhusus untuk kepengurusan HMP-PAI periode 23/24, beserta mahasiswa PAI yang masih Aktif.

Kendati demikian, harif menargetkan dari kegiatan ini terdapat dua sisi yang akan dicapai baik dari segi internal maupun eksternal dari kepengurusan HMP-PAI dan mahasiswa PAI yang masih Aktif untuk memenuhi kebutuhan panti asuhan tersebut.

Donasi ini diberikan kepada anak-anak yang ada di Panti Asuhan An-Nisa’ yang berlokasi di Jalan Sawahan No. 14 Padang dan untuk donasi berupa uang dan barang seperti perlengkapan sholat, Al-Qur’an, pakaian layak guna, alat tulis, dan sembako.

Harif berharap, kegiatan ini akan terus dijalankan oleh kepengurusan HMP-PAI selanjutnya sebagai bentuk pengamalan dari salah satu Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, mahasiswa PAI Emelia Chandra memberikan tanggapannya terhadap kegiatan yang diadakan oleh HMP-PAI ini.

Ia mengatakan, open donasi ini sangat membantu dan memudahkan bagi saudara-saudara yang membutuhkan diluar sana serta menjadi suatu keberuntungan bagi yang memberi untuk menjadi amal jariyah baginya.

Semoga ke depannya semakin banyak lagi hal-hal positif yang bermanfaat serta banyaknya inovasi-inovasi kreatif dari mahasiswa PAI kedepannya

“Dengan adanya kegiatan ini, bisa membawa nama baik bagi fakultas Tarbiyah dan keguruan terkhusus nya juga dari prodi pendidikan agama islam,” harapnya. (Bib)

Wartawan: Asifa Rahma Dini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *