Melalui OR, UKM SAKO Membuka Wadah Baru Bagi Mahasiswa

PADANG (DKTV)

Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Surau Konstitusi (SAKO) UIN IB Padang merupakan wadah baru bagi mahasiswa dalam mengembangkan public speaking dan memberikan peluang pembelajaran dalam hal berpendapat dengan kritis, adaptif dan kreatif. Ditahun pertama UKM SAKO berdiri, mengajak mahasiswa untuk bergabung dengan membuka perdana Open Recruitment (OR), yang dilaksanakan sejak tanggal 24 hingga 31 Maret 2023.

OR UKM SAKO merupakan Salah satu program yang bertujuan untuk membantu Mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri, terutama dalam hal public speaking.

ketua Umum (Ketum) UKM SAKO, Irvan mengatakan, dalam melaksanakan OR perdana UKM SAKO, tidak ada membentuk panitia OR dari pengurus. Semua kepengurusan ikut ambil alih dalam mempersiapkan dan melaksanakan OR.

Lanjutnya, untuk ditahun 2023 dalam rancangan OR, akan dilaksanakan hanya satu kali. Namun apabila situasi dan kondisi memungkinkan, UKM SAKO akan melaksanakan dua kali OR dalam setahun.

“Hal ini dikarenakan melihat banyaknya mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang-bidang yang ada di UKM SAKO sendiri, tentu menjadi daya tarik bagi mahasiswa untuk bergabung dalam UKM SAKO,” sambung Irvan.

Irvan juga menyampaikan, sesuai dengan arahan Wakil Rektor (WR III), UKM SAKO sendiri mempunyai target untuk pendaftar sebanyak 100 orang.

Untuk prosedur OR nantinya setelah peserta mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti prosedur yg tertera, akan mengadakan tahap wawancara bagi peserta yang sudah mendaftar “di tahap wawancara ini lah peserta benar-benar diseleksi dan disaring lagi untuk dapat bergabung pada UKM SAKO,” ujar Irvan

Irvan berharap, semoga bagi perserta yang lulus dalam seleksi, dapat mengikuti semua pelatihan dan kegiatan yang dilaksanakan dalam UKM SAKO. Apalagi tahun ini adalah tahun pertama UKM SAKO berdiri, tentu setiap proses yang dijalani akan lebih banyak menuai rintangan dibanding UKM yang memang sudah lama dibentuk.

“Peserta mampu serius dalam mengemban amanah yang telah diberikan serta mampu bekerja sama juga berkomitmen antar tim dan mampu mempertanggung jawab kan kinerja nya selama berproses di UKM SAKO,” tutur Irvan.

Terdapat beberapa persyaratan pada OR UKM SAKO 2023 diantaranya:

  1. Mahasiswa Aktif UIN IB Semester 2 dan 4.
  2. Memiliki komitmen tinggi dan kemauan belajar yang kuat.
  3. Mampu bekerja sama dengan tim.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
  5. Wajib follog ig @ukm_suraukonstitusi.
  6. Mengikuti alur seleksi.
  7. Mengisi formulir pendaftaran.
  8. Melakukan konfirmasi kepad CP.
  9. Surat pernyataan kesanggupan diri pakai materai.
  10. Membayar uang pendaftaran Rp35.000. (Bib)

Wartawan: Febi Rahayu.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *